Semester Kedua Pasar Properti Membaik

SEMARANG – Memasuki semester kedua, pasar properti terus menggeliat. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah unit rumah yang terjual pada Property Expo yang digelar baru-baru ini.

Ketua Panitia Property Expo, Dibya Hidayat mengatakan, potensi pasar properti saat ini mengalami tren cukup positif, karena dari enam pameran, dua yang terakhir sudah mengalami peningkatan dibandingkan empat pameran sebelumnya.

“Potensi penjualan di pameran sudah mendekati target sebanyak 70 unit. Berbeda dengan empat pameran sebelumnya, penjualan sangat anjlok,” ujarnya disela pembukaan Property Expo ke-7 di Mal Paragon, kemarin (13/9).

Selama enam kali pameran tersebut, penjualan tertinggi masih ditempati oleh rumah tapak yang berada pada kategori kelas menengah. Yaitu dari kisaran harga antara Rp 600 juta hingga Rp 1 miliar.

Ia memperkirakan pertumbuhan positif ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun, mengingat tren dari tahun-tahun sebelumnya, penjualan akan terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun.

“Tengah tahun biasanya menurun karena untuk memenuhi kebutuhan uang sekolah dan hari raya terlebih dahulu. Setelah itu, mendekati akhir tahun, pembelian yang sempat tertunda barulah direalisasikan,” ujarnya.

Meski telah mengalami peningkatan, lanjutnya, penjualan masih lebih rendah bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya berharap akan terus ada stimulus untuk mendongkrak penjualan. Salah satunya suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

“KPR sudah cukup oke, tapi kalau suku bunga lebih dan fixed rate lebih panjang maka akan lebih baik. Kalau saat ini rata-rata suku bunga KPR 9,9 persen dengan fixed rate 3 tahun. Harapannya ya suku bunga bisa mencapai 7,5 persen,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mendongkrak penjualan, pihaknya juga rutin menggelar pameran yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi para calon pembeli. Yaitu Property Expo ke-7 yang digelar mulai 13 – 24 September di Mal Paragon dengan menghadirkan 12 stan properti dan 5 stan pendukung. (dna/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here