Salurkan Kredit Mitra 25

SIMBOLIS: Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan secara simbolis hadiah mobil Avanza kepada pimpinan kantor cabang Bank Jateng Wonosobo, yang selanjutnya diundi oleh pihak Bank Jateng setempat (ZAIN ZAINUDIN/JAWA POS RADAR KEDU).
SIMBOLIS: Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan secara simbolis hadiah mobil Avanza kepada pimpinan kantor cabang Bank Jateng Wonosobo, yang selanjutnya diundi oleh pihak Bank Jateng setempat (ZAIN ZAINUDIN/JAWA POS RADAR KEDU).

WONOSOBO—Untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, Bank Jateng menyediakan akses permodalan atau kredit yang diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro kecil di Jawa Tengah. Yakni, Mitra Jateng 25.

Keunggulan Mitra Jateng 25, antara lain, bebas biaya administrasi, biaya provisi, juga tanpa agunan fisik. Artinya, kreditur akan menerima uang utuh tanpa potongan. Adapun plafon maksimal kredit Rp 25 juta, dengan suku bunga 7 persen atau setara 3,72 persen flat per tahun. Produk Mitra Jateng 25 untuk meningkatkan produktivitas usaha kecil.

Koordinator Cabang Bank Jateng Wilayah Magelang, Heri Nunggal Supriyadi menyebut, Wonosobo termasuk range merah kemiskinan di Jawa tengah. Termasuk kabupaten tetangga, Purworejo, Magelang dan Kebumen. Karenanya, ia berharap Mitra Jateng 25 bisa diakses maksimal oleh pelaku usaha kecil di daerah. Adapun target penyaluran masing-masing cabang, minimal Rp 10 miliar.

“Harapan kita, dengan adanya Mitra 25 ini, pelaku usaha kecil tidak kesulitan mengakses bantuan permodalan, yang imbasnya produktivitas usahanya naik, ekonomi masyarakat juga akan naik,” kata Heri di sela acara penarikan undian periode 1 tahun 2017 wilayah cabang koordinator Magelang yang dihelat di halaman sasana Adipura Wonosobo, Rabu (13/9) kemarin.

Selain bunga murah untuk kredit produktif, Bank Jateng juga memberi suku bunga murah untuk kredit konsumtif. “Kepada PNS, juga kita turunkan suku bunganya menjadi 11,5 persen. Jangka waktunya kita tarik kelonggaran menjadi 25 tahun. Artinya, selain kita berdayakan basic produksi, kita pacu juga daya jangkau masyarakat melalui kredit konsumtif yang murah ini.”

Pimpinan Cabang Bank Jateng Wonosobo Wahyu Wibowo menyebut, hingga Agustus 2017, sedikitnya 300-an pelaku usaha kecil telah mengakses Mitra Jateng 25. Total nilai yang disalurkan sebesar Rp 6 miliar. Mengenai target minimum penyaluran senilai Rp 10 miliar, Wibowo optimistis akan tercapai. “Meski Wonosobo disebut-sebut sebagai kabupaten miskin. Tapi sebenarnya nggak begitu-begitu amat. Ekonomi usaha kecil terus tumbuh.”

Untuk diketahui, penarikan undian berhadiah ini diikuti oleh lima kantor cabang Bank Jateng Wilayah Magelang. Hadiah yang diundi meliputi 5 unit Avanza 29 unit sepeda motor, 29 unit HP, dan 29 emas batangan. Total nominal hadiah Rp 1,5 miliar. (adv/cr2/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here