Wakil Boja Tak Mau Kalah

400
SIAP BERSAING: Kepala UPTD Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan Boja, Sugiyono saat ditemui di kantornya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
SIAP BERSAING: Kepala UPTD Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan Boja, Sugiyono saat ditemui di kantornya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

BOJA – UPTD  Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Boja memiliki  dua program pembinaan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran bagi sekolah-sekolah di wilayahnya  yakni program pembinaan bagi  guru dan program pembinaan prestasi siswa.

Kepala UPTD Kecamatan Boja Sugiyono  mengatakan, program pembinaan guru dilakukan secara berkala dengan mengumpulkan tiap-tiap gugus yang terdiri 7 hingga 10 sekolah  yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi guru.

Setiap guru kata dia, harus mempunyai  empat kompetensi dasar seorang guru yakni, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. “Setiap guru tidak hanya menghafal tapi harus menjiwai sehingga perannya sebagai pendidik menjadi maksimal,” tuturnya.

Sugiyono melanjutkan, UPTD Boja mempunyai program pembinaan prestasi yang dilakukan secara berkala  yakni melalui beragam pendidikan ekstrakulikuler  dan kegiatan pendukung lain yang sifatnya mendorong siswa untuk berprestasi.”Pembinaan ini juga berfungsi sebagai kontrol karena tanpa adanya monitoring secara rutin namanya manusia pasti akan kendor  dan cenderung mengalami kemunduran,” sambungnya.

Terkait dengan kompetisi antar SD/MI se-Kabupaten Kendal yang digagas oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal pihaknya mengaku sangat antusias  dan mengajak semua  sekolah di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dikatakanya pihaknya beserta jajarannya sudah memetakan potensi-potensi  sekolah  yang akan maju mengikuti lomba sesuai dengan kategori yang akan diperlombakan yakni  sekolah bersih dan sehat, sekolah berprestasi  akademik, sekolah berprestasi seni budaya dan sekolah berprestasi Olahraga. “Mungkin ada yang mengikuti dua kategori sekaligus atau satu kategori saja  bahkan tiga kategori, “ bebernya.

Sugiyono mengatakan, belum  lama ini  sekolah di wilayahnya berhasil meraih juara pertama tingkat Kabupaten  dan maju ditingkat Provinsi melalui lomba tari kreasi  dan lomba solo vokal  yang  di wakili oleh SDN 1 Bebengan 1 dan SDN 3 Bebengan. “Semua harus ikut, dengan mengikuti lomba sekolah akan semakin giat dan memompa semangat. Potensi kalau tidak diaplikasikan sayang sekali,”  pungkasnya. (zen/bas)