Proyek Johar Siap Lelang

469
SEGERA DIBANGUN: Pembongkaran bangunan Pasar Kanjengan blok C terus dilakukan, ditargetkan bulan ini selesai (Nathaza Ayudya/ Jawa Pos Radar Semarang).
SEGERA DIBANGUN: Pembongkaran bangunan Pasar Kanjengan blok C terus dilakukan, ditargetkan bulan ini selesai (Nathaza Ayudya/ Jawa Pos Radar Semarang).

SEMARANG- Proses pembongkaran bangunan blok C Pasar Kanjengan dikebut dan ditarget selesai pada bulan September ini. Sementara pertengahan bulan September ini telah memasuki proses lelang pembangunan Pasar Johar dengan anggaran Rp 93,533 miliar, bantuan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, dana pembangunan dari APBN melalui Kementerian Perdagangan telah turun. Kini berkas siap masuk proses lelang. “Pertengahan September ini masuk proses lelang. Kami harapkan Oktober sudah keluar pemenang lelang dan pekerjaan fisik dimulai,” kata Fajar, Selasa, (12/9).

Saat ini masih dalam tahap pembongkaran Pasar Kanjengan, khususnya blok C dan D. Pantauan di lapangan blok D sudah rata dengan tanah, sementara gedung C masih proses perobohan. Pedagang diminta mendukung proses pembangunan ini, salah satunya mau direlokasi di tempat yang telah disediakan Pemkot Semarang. Selain di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), pihaknya juga menyediakan Pasar Dargo dan Pasar Banjardowo. “Demi kelancaran pembangunan, mohon para pedagang mendukung dengan menempati lapak sementara untuk berjualan,” harapnya.

Tahap pembangunan akan dilakukan rekonstruksi empat bangunan terstruktur. Rencananya Pasar Yaik akan menjadi basement dan untuk pedagang pancakan, kemudian lantai 1 sampai lantai 3 akan menjadi los dan kios. “Tahap pertama fokusnya membangun cagar budaya Pasar Johar dan struktur lantai 1 dan 2,” tandas Fajar. Sementara tahap selanjutnya membangun lantai 3 dan 4. Secara keseluruhan pembangunan Pasar Johar baru ditarget selesai pada 2020 mendatang.  (mg47/den/zal)