Pemkab Buat Kampung Literasi

174
DONASI : Bupati Demak HM Natsir menyerahkan bantuan donasi untuk pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) di Pendopo kemarin malam (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
DONASI : Bupati Demak HM Natsir menyerahkan bantuan donasi untuk pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) di Pendopo kemarin malam (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

DEMAK-Pemkab Demak menggencarkan gerakan Indonesia membaca di lingkungan masyarakat dan sekolah sekolah. Banyak rangkaian yang dilakukan, di antaranya, sarasehan, aksi literasi hasil karya siswa, lomba menulis untuk PAUD dan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Anjar Gunadi melalui Kabid Pendidikan Non Formal Afida Aspar mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan kampung literasi. Di antaranya di Desa Bandungrejo, Kecamatan Mranggen. Diharapkan setiap kecamatan ada satu desa yang menjadi kampung literasi tersebut.

Selain itu, membuat pojok baca serta membuat program 15 menit untuk membaca di sekolah sekolah. “Pada intinya, bagaimana kita membumikan literasi di masyarakat. Di kampung literasi ini, budaya membaca dapat dikembangkan hingga ke tingkat RT RW,” kata Afida Aspar yang juga selaku Ketua Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Demak.

Sementara itu, sarasehan yang digelar di Pendopo Kabupaten kemarin malam menjadi sarana untuk memunculkan gagasan atau ide bagi para stakeholder dalam upaya pengembangan literasi. Berbagai pihak diundang, antara lain Fatayat, Muslimat, IPNU/IPPNU, penulis dan organisasi kemasyarakatan lainnya. “Ini sebagai salah satu cara mempercepat budaya membaca. Semua stakeholder kita libatkan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, diserahkan juga bantuan Rp 100 juta. Dari jumlah itu, Rp 35 juta di antaranya bantuan untuk Taman Baca Masyarakat (TBM). Tujuh TBM yang dapat bantuan adalah TBM Pustaka Fatimah Jalan Kiai Turmudzi Demak, TBM Mekarsari Desa Wonorejo, Kecamatan Guntur, TBM Al Tamis Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, TBM Permata Desa Wonowoso, Kecamatan Karangtengah, TBM Gemar Membaca Desa Gebang, Kecamatan Bonang, TBM Griya Pustaka, Desa Ngemplak, Kecamatan Mranggen dan TBM Ceria Desa Jleper, Kecamatan Mijen. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here