Minimnya Sosialisasi Popnas Disoal Dewan

102

KENDAL-Kendal menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 pada cabang olahraga atletik dan voli pasir. Namun, kalangan anggota DPRD Kendal menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal kurang gencar dalam melakukan sosialisasi terkait penyelengaraan kegiatan tersebut.

Padahal, Popnas XIV 2017 pada kegiatan penyelenggaraan cabang olahraga atletik berlangsung 13–16 September 2017. Sedangkan cabang olahraga voli pasir akan berlangsung mulai 14–20 September 2017 mendatang.

Ketua Komisi D DPRD Kendal, Ahmat Suyuti sangat menyayangkan minimnya sosialisasi ke masyarakat terkait penyelenggaraan Popnas tersebut. Menurut politisi PDI Perjuangan ini, atas penunjukan tempat tersebut, harusnya dimanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan Kendal kepada atlet yang berasal dari berbagai penjuru nusantara.

“Seharusnya Pemkab gencar sosialisasi kepada warga agar mengetahui dan berbondong-bondong datang ke stadion. Selain itu, persiapan harus dilakukan sebaik mungkin, termasuk pembenahan fasilitas yang nantinya akan digunakan sebagai arena perlombaan,” ungkapnya Senin (11/9) kemarin.

Hal sama juga diungkapkan anggota DPRD Kendal, Aminudin. Ketua Fraksi PAN ini menilai kegiatan yang akan diselenggarakan di Kendal kurang gaungnya. Menurutnya, akses lokasi menuju ke tempat penyelenggaraan saja masih minim atribut terkait adanya kegiatan tersebut.

“Pemerintah harus lebih aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat. Apalagi ini tingkatnya nasional dan Kendal ditunjuk untuk menyelenggarakan cabang atletik dan voli pasir. Ini sebuah kesempatan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Tavip Poernomo, menjelaskan sudah mensosialisasikan Popnas kepada atlet di Kendal. Pihaknya telah memasang sejumlah atribut untuk menyambut atlet yang akan bertanding. “Sudah kami lakukan sejumlah perbaikan di stadion, termasuk mengganti lantai keramik yang pecah, menghaluskan jalan di belakang stadion yang akan digunakan untuk pemanasan atlet sebelum bertanding. Lokasi arena voli pasir juga sudah dilebarkan,” ujarnya.

Sementara, Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Zen Yukri Iswandaru menambahkan akan menggelar ekspo di di halaman stadion. Ekspo nantinya menampilkan berbagai informasi dan potensi wisata, produk UMKM, dan juga oleh-oleh khas Kendal serta kuliner. “Kami akan siap menyukseskan Popnas di Kendal,” ujarnya. (mha/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here