Ibu Hamil Terpapar Pestisida, IQ Anak Rendah

111

DEMAK-Ibu hamil yang terpapar pestisida dapat menyebabkan IQ (Intellectual quotine) anak yang dilahirkan rendah. Selain itu, dapat menghambat pertumbuhan anak, termasuk fisik anak-anak menjadi kerdil.

Untuk mencegah  hal ini, PLN Demak berkerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip Semarang melakukan penelitian di Desa Pasir, Kecamatan Mijen. Ini dilakukan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat dalam rangka gerakan perlindungan pada ibu dan bayi dari bahaya pencemaran pestisida di pemukiman petani desa tersebut.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIJ, Hardian Sakti Laksana mengatakan bahwa petani bawang merah di Desa Pasir menjadi perhatian PLN karena rawan terpapar pestisida, termasuk keluarga mereka.

“Kami ada bantuan total Rp 245 juta. Salah satu di antaranya untuk membantu gerakan perlindungan ibu dan bayi dari ancaman pestisida di Desa Pasir,” katanya.

Dr Ari Suwondo dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip Semarang, mengatakan, ancaman pestisida bagi ibu dan bayi memang mengkhawatirkan. Apalagi, perawatan bawang merah diakui tidak mudah dan membutuhkan penyemprotan terus menerus, termasuk saat sudah dipanen.

Bahkan, agar terhindar dari hama, maka hasil panenan bawang merah sebelum disimpan di rumah, petani terlebih dulu menyemprotnya dengan pestisida. Kondisi ini bisa memicu pestisida menyebar ke areal rumah, utamanya saat kena panas.

“Saat masih di sawah, petani biasanya menyemprot  minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjaga pertumbuhannya. Setelah dipanen pun disemprot lagi,” katanya.

Menurutnya, pestisida bisa mengenai janin ibu hamil yang terpapar. “Kalau usia janinnya masih sekitar 3 bulan, maka janin akan kena gangguan saraf otak. Kemudian, IQ anak juga rendah. Ini bisa menyebabkan lost generation,” imbuh dia.

Bagi petani yang terpapar pestisida, bisa membuat hemoglobin darah turun dan mengalami anemi, gangguan liver maupun organ lainnya, termasuk mengalami kelumpuhan. Manager PLN Area Demak, Mundhakir mengatakan, daya listrik diarea Demak surplus, yaitu sebesar 1100 MVA. “Karena itu, berharap semua masyarakat terlayani,” katanya. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here