PENSIUN: Plt Sekda memberikan surat pensiun kepada perwakilan dari 97 PNS yang memasuki masa purnatugas, kemarin (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu).
PENSIUN: Plt Sekda memberikan surat pensiun kepada perwakilan dari 97 PNS yang memasuki masa purnatugas, kemarin (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu).

MUNGKID— Jumlah PNS di Kabupaten Magelang terus berkurang. Terlebih setelah pensiunnya 97 pegawai yang SK pensiunnya diberikan siang tadi.

Plt Sekda Kabupaten Magelang Eko Triyono menyerahkan SK pensiun tersebut, kemarin. Dia berharap meski sudah pensiun sumbangsih pikiran masih akan bermanfaat untuk Pemkab Magelang.

Eko mengatakan jumlah pegawai pensiun tersebut merupakan akumulasi hingga Desember mendatang. Rinciannya mereka yang pensiun 1 Oktober 37 orang, November 35 orang dan 25 di bulan Desember.

”Masa pensiun adalah karena masa pengabdian Bapak-Ibu selaku abdi negara dan abdi masyarakat telah terpenuhi. Namun bukan berarti bahwa pengabdian Saudara berakhir, justru masa pensiun adalah kesempatan untuk melanjutkan pengabdian pada masyarakat yang tertunda karena kesibukan pada saat masih aktif bekerja sebagai PNS,” kata Eko.

Eko menambahkan pensiun bukan berarti masa berhenti berkarya. Namun sumbangsih dan partisipasi masih dibutuhkan dalam kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan. “Karena itu pemerintah tetap mengharapkan kepedulian dari Bapak Ibu untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembangunan, sehingga keberadaan Bapak Ibu mempunyai nilai lebih di masyarakat dan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Pembinaan Pegawai Daerah Kabupaten Magelang Rujito, mengatakan Pemkab Magelang memiliki tradisi penyerahan SK secara langsung kepada para pegawai yang menghadapi masa purna. “Tujuannya tentu mempererat hubungan silaturahim antara Pemerintah Kabupaten Magelang dengan para PNS yang akan atau telah memasuki masa purna tugas,” papar dia. (vie/lis)