Siapkan Kerjasama dengan Makassar

342

KAJEN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekolangan mulai melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintahan Kota Makassar, utamanya dalam peningkatan perdagangan.

Dipilihnya Kota Makassar karena dikenal dengan kota dagang dan sebagai pintu masuk perdagangan Indonesia Bagian Timur.

Bupati Asip Kholbihi, mengungkapkan bahwa dari kunjungan tersebut, berbagai hal positif telah dicapai, termasuk diantara informasi tentang pengelolaan tata kota, pariwisata hingga informasi pengelolaan penyelenggaraan festival tingkat international.

Sabtu (8/9) lalu, Bupati Asip Kholbihi, berkunjung ke Makassar untuk menyaksikan Makasar International Eight Festival 2017. Menurutnya dari kunjungan tersebut akan menjadi cikal bakal bagi Kabupaten Pekalongan untuk membuka lebar perdagangan produk unggulan, dan  rujukan  awal kelak untuk penyelengaraan Kajen Fair,  yang mengadopsi kegiatan festival di Makassar. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan MoU dengan Pemkot Makassar.

“Setelah nanti penandatanganan MoU yang mengatur perdagangan ini, saya akan perintahkan secepatnya kepada Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM untuk menindaklanjuti dengan aktif melakukan promosi batik Pekalongan sebagai legenda batik nusantara yang akan dimulai dari Makassar” ungkap Asip.

Bupati Asip juga mengatakan bahwa sisi strategis dari kunjungan kerja di Makassar, karena pertumbuhan ekonomi Kota Makassar cukup bagus  dan produk  sarung Pekalongan pun banyak dipakai di Makassar.

Menurutnya Pemkab Pekalongan akan meningkatkan lagi, ekspedisi pameran pameran dagang dengan materi produk unggulan yang lebih variatif, tidak hanya di Indonesia Bagian Timur saja namun ke Sumatra, Kalimantan hingga ke mancanegara. Karena pameran dagang, merupakan salah satu langkah strategis yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan di Kabupaten Pekalongan.

“Sekaligus untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi kita, pada tahun 2018 kita memasang target pertumbuhan ekonomi kita, minimal sudah sama dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah,”  kata Bupati Asip Kholbihi.(thd/zal)