DISIPLIN: Hendhik Sumarsih saat membaca Koran Jawa Pos di kantornya, kemarin (Agus Hariyanto/Jawa Pos Radar Semarang).
DISIPLIN: Hendhik Sumarsih saat membaca Koran Jawa Pos di kantornya, kemarin (Agus Hariyanto/Jawa Pos Radar Semarang).

Hendhik Sumarsih TP, tak pernah jenuh memotivasi setiap pengajar maupun murid sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, untuk terus mengejar prestasi. Sebelum menjadi Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan, Kecamatan Brangsong, Hendhik pernah menjadi seorang guru dan kepala sekolah.

“Waktu saya jadi kepala sekolah, ya harus punya unggulan prestasi. Jadi tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah lainya,” ungkap Hendhik kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (11/9) kemarin.

Hendhik mengakui, sebelum menjabat Kepala UPTD pernah dipercaya menjadi Kepala Sekolah SD di Kabupaten Kendal. Antara lain, SD N Pekauman, SD N 2 Bandengan merangkap SD N 1 Bandengan dan SD N 3 Bandengan.

Kemudian Hendhik berpindah tugas menjabat Kepsek SD N 1 Pegulon Kendal Kota, merangkap Kepsek SD N2 Pegulon. Kemudian tahun 2015 diangkat menjadi Kepala UPTD di Kendal Kota, dan di tahun 2017 pindah ke UPTD Kecamatan Brangsong.

Menurut wanita kelahiran 14 April 1960 ini, banyak cara yang dilakukan seorang guru ataupun kepala sekolah supaya muridnya berprestasi. Prinsip yang dilakukan Hendhik adalah tidak memaksakan kehendak kepada siswa.

“Pendidikan tidak dengan cara menggunakan kekerasan, tidak memaksa. Tapi dengan cara kesadaran dan keteladanan,” ujarnya.

Perempuan yang tinggal di daerah Kelurahan Patukangan Kendal Kota ini juga mengakui, menjadi seorang yang teladan harus bisa memberikan contoh kepada orang lain. Hal ini diterapkanya di dalam lingkungan tempat kerjanya sekarang ini.

“Meskipun saya sebagai seorang pimpinan di sini, saya juga datang ke tempat kerja lebih awal. Nantinya kan lainya mengikuti,” terangnya.

Hendhik sangat mendukung adanya ajang perlombaan Sekolah Berprestasi Menuju Kendal Permata Pantura. Perlombaan yang digelar oleh Jawa Pos Radar Semarang bersama Pemkab Kendal ini diharapkan menjadi motivasi setiap sekolahan untuk mencetak murid yang berprestasi.

“Sangat mendukung, alasanya supaya SD ini saling berlomba dengan kelebihan mencakup semua keunggulanya. Apalagi dan bener-bener nanti dikasih hadiah,” ujarnya.

Tak hanya itu, Hendhik juga tidak segan-segan memberikan motivasi dan surprise kepada murid yang berprestasi secara pribadi. (mha/zal)