BERNYANYI : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat menghibur pengunjung yang bermalam minggu di kafe Lolong dengan membawakan lagu “Lolong” karya Ebiet G. Ade dan viral di youtube hingga lebih 5 ribu follower dalam sepekan (Taufik Hidayat/jawa pos radar semarang).

KAJEN – Area Saturday Night atau bermalam minggu di Lolong Adventure yang terletak di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (9/9) diresmikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. Area itu dapat digunakan bagi masyarakat umum untuk menikmati keindahan alam pegunungan Lolong di malam hari.

Suara gemericik air, hembusan udara Desa Lolong yang dingin, serta banyak suara hewan malam yang saling bersahutan, diiringi musik akustik yang dimainkan oleh para remaja Desa Lolong membuat suasana malam minggu atau Saturday Night Lolong sangat nyaman dan menenteramkan hati, jika dibandingkan bermalam minggu di daerah perkotaan.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, menjelaskan area Saturday Night di Lolong, adalah salah satu bangunan yang dibangun oleh PLN. Tidak hanya sebuah bangunan untuk ngobrol yang dibuat asri, bangku dan meja yang terbuat dari kayu, juga menyediakan kuliner khas lokal, mulai dari jahe secang hingga kopi petung. Namun juga fasilitas umum lainnya yang dibuat sangat bagus.

Sehingga sangat tepat untuk bersantai atau sekedar refreshing dengan keluarga atau kolega, karena suasana alam malam hari yang sangat indah, dan udara yang cukup dingin, suasana khas pedesaan yang sangat asri.

“Saya akan awali bermalam minggu di Lolong ini, dengan mengajak para PNS untuk bermalam minggu dengan keluarga di kafe Lolong ini. Suasana sangat beda sekali dengan, di sini udaranya sangat segar, jauh dari keramaian,” jelas Bupati Asip.

Dia mengatakan bahwa wisata Desa Lolong sudah melegenda, dan terkenal sejak dulu dengan eksotisme alamnya yang alami dan asri, jembatan batu buatan Belanda, serta sungai yang sangat jernih dan bagus, yang saat ini digunakan untuk olahraga air seperti tubing dan arung jeram/rafting.

Menurutya hutan pinus dan sungai yang jernih sempat membuat inspirasi penyanyi Ebiet G. Ade untuk membuat lagu dengan judul Lolong. Bahkan buah durian Lolong, sudah sangat terkenal dan mendunia, karena festival duriannya.

“Setiap akhir pekan dan hari libur, wisata olahraga air seperti arung jeram di Lolong sangat ramai, bahkan berdasarkan informasi dari Pokdarwis banyak yang inden untuk bisa berarung jeram di sungai Lolong. Maka tergerak untuk lebih mempromosikan Desa Lolong, yang sangat asri dan sejuk ini ke masyarakat luas. Salah satu cara me launching Saturday Night atau bermalam minggu di desa ini,” kata Bupati Asip.

Kepala Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Soleh, menegaskan sejak Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, membuka acara malam minggu di Lolong dengan kafe Lolong yang dibangun oleh PLN, suasana Kamis dan Sabtu malam, selalu ramai dikunjungi wisata dari luar kota, yang ingin menikmati suasana malam di Lolong.

Menurutnya warga masyarakat pun merasakan adanya peningkatan penjualan dagangan, khususnya jajanan pasar dan hasil kebun, seperti jagung manis, pisang dan kacang tanah.

“Bisa dipastikan setiap Kamis dan Sabtu malam, jumlah pengunjung sangat banyak. Bahkan dagangan warga seperti jagung bakar dan kacang rebus, selalu habis terjual meski hari belum terlalu malam, acara malam minggu di lolong sangat bermanfaat dan mendongkrak ekonomi warga kami,” katanya. (thd/adv/ric)