PENGABDIAN : Kepala UPTD Kecamatan Kaliwungu Suharno (dua dari kiri) foto bersama jajarannya saat dikunjungi di kantornya (11/9) (M.Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).
PENGABDIAN : Kepala UPTD Kecamatan Kaliwungu Suharno (dua dari kiri) foto bersama jajarannya saat dikunjungi di kantornya (11/9) (M.Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).

KENDAL– Sebanyak 23 Sekolah Dasar (SD) di bawah UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kaliwungu siap mengikuti dan memeriahkan kompetisi antar SD/MI se- Kabupaten Kendal yang digagas oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal.

Kepala UPTD Kecamatan Kaliwungu, Suharno   mengatakan  pihaknya  mendorong dan menggerakkan sekolah untuk turut serta dalam   kegiatan positif dan kompetitif semacam ini. ”Jangan sampai ada sekolah  yang tidak ikut dalam kompetisi ini, saya nanti akan datang ke sekolah kalau sampai tidak ikut,” tegasnya.

Suharno menambahkan pihaknya  terus mendorong para siswa  melalui guru sebagai promoter  agar kegiatan semacam ini menjadi suatu ajak pembuktian bagi sekolah. Dikatakannya,  latihan yang dilakukan terus-menurus tanpa adanya kompetisi akan terasa sia-sia dan prestasi tanpa adanya penghargaan akan menurunkan semangat.

“Jangan sampai siswa dirugikan karena kehilangan kesempatan tidak mengikuti perlombaan ini.” Inilah saatnya kesempatan belajar bagi siswa ”,tandasnya.

Suharno mengatakan, dalam  pembinaan prestasi di bidang akademik mauapun  non akademik seperti dalam bidang olahraga pihaknya   bekerjasama dengan  cabang-cabang  olahraga yang ada di Kendal. Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya berencana   membentuk klub-klub olahraga di tiap gugus yang terdiri dari 9-10 sekolah.

”Kita ambil pelatih-pelatih dari Pengcab-Penncab seperti  dari Tenis Meja,BuluTangkis untuk mengembleng siswa,“ bebernya.

Suharno menceritakan  sekolahnya kerap menjadi wakil Kabupaten Kendal di tingkat provinsi yakni SDN 2 Kutoharjo Kaliwungu dalam lomba rebana tingkat provinsi dan bulutangkis. Selain itu ada SDN 2 Sumberejo Kaliwungu yang memperoleh predikat sekolah bersih dan sehat tingkat kabupaten.

“Selain itu, pada tahun ini UPTD Kecamatan Kaliwungu mewakilkan SDN 2 Nolokerto dalam lomba LCC tingkat kabupaten,” bebernya.

Daftar sekolah  di bawah naungan UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kaliwungu  yakni SDN 1 Kutoharjo, SDN 2 Kutoharjo, sdn 3 Kutoharjo SDN 4 Kutoharjo, SDN 1 Krajankulon, SDN 2 Krajankulon, SDN3 Krajankulon, SDN 4 Krajankulon , SDN 1 Sumberejo, SDN 2 Sumberejo, SDN 3 Sumberejo, SDN 1 Nolokerto, SDN 2 Nolokerto, SDN 3 Nolokerto, SDN 1 Sarirejo. SDN 2 Sarirejo, SDN 3Sarirejo, SDN Kumpulrejo, SDN Karangtengah, SDN Wonorejo, SDN I Mororejo dan SDN 2 Mororejo. (zen/zal)