Tambah 7 SMK Binaan di Jateng

299
MOU : Prosesi penandatangan MoU yang disaksikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jawa Tengah (istimewa).
MOU : Prosesi penandatangan MoU yang disaksikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jawa Tengah (istimewa).

SEMARANG – Astra Motor dan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali secara resmi menandatangi nota kesepakatan kerja sama (MoU) dengan 7 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menjadi sekolah binaan. Selain penandatangan dengan 7 SMK Binaan Honda yang baru, pada kesempatan yang sama Astra Motor juga menyerahkan 14 unit sepeda motor kepada 14 SMK Binaan Honda lainnya.

Kepala Wilayah Astra Motor Jawa Tengah Yohanes Kurniawan mengatakan dalam beberapa tahun ini Honda mempunyai program berupa sekolah binaan dalam hal pengadaan kurikulum teknik sepeda motor dan penyediaan alat peraga. “Kami menggandeng 7 SMK yang akan menjadi sekolah binaan kami. Empat SMK berasal dari area penjualan Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah dan tiga lainnya berlokasi di wilayah pemasaran Astra Motor Yogyakarta,” katanya.

Sejauh ini, tercatat ada 82 SMK Binaan Honda yang ada di seluruh penjuru Jawa Tengah, dengan 7 SMK menjadi sekolah percontohan. Sekolah yang menjadi binaan Honda, akan diberikan satu unit sepeda motor lengkap beserta tools dan buku panduan sebagai alat bantu guna keperluan praktik para siswa. “Selain itu, Honda juga membantu untuk menyusun kurikulum teknik sepeda motor yang baik, sehingga para siswa sekolah binaan bisa menjadi lebih terarah sesuai kebutuhan industri,” tambahnya.

Kurniawan menambahkan dengan adanya program tersebut, diharapkan sekolah bisa meningkatkan kompetensinya melalui program binaan yang diberikan. Selain total 7 unit motor Honda yang akan diberikan, keuntungan lainnya program ini nantinya para siswa lulusan bisa punya beberapa pilihan. “Jika ada yang memiliki prestasi kami bisa daftarkan untuk beasiswa pada Polman Astra. Atau untuk yang mau langsung bekerja, jaringan Honda jelas siap menampung menyesuaikan kebutuhan,” jelasnya. (den/ric)