OPTIMISTIS JUARA: Kepala SDN 3 Plantaran Kaliwungu Selatan Muhadirun (bertopi) saat ini mulai menyiapkan sekolahnya untuk turun di ajang Sekolah Berprestasi (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
OPTIMISTIS JUARA: Kepala SDN 3 Plantaran Kaliwungu Selatan Muhadirun (bertopi) saat ini mulai menyiapkan sekolahnya untuk turun di ajang Sekolah Berprestasi (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

PROGRAM Pembinaan prestasi olahraga dengan memprioritaskan pada regenerasi siswa menjadi komitmen  SDN 3 Plantaran Kecamatan Kaliwungu Selatan dalam memajukan prestasi olahraga di sekolah.

Kepala SDN 3 Plataran Kaliwungu Selatan,  Muhadirun ditemui kemarin mengatakan, agar prestasi di sekolah  bisa terus berkelanjutan  maka pencarian bakat dan pembinaan harus dilakukan sejak awal anak-anak masuk sekolah yakni kelas 1 dan kelas 2.

“Mulai tingkat pertama kita pantau dan seleksi  anak seperti pada bulutangkis  diajari mulai dari mulai cara pegang raket dan bermain kemudian diambil  yang  terbaik kita  masukkkan di klub,” bebernya.

Muhadirun menceritakan,  program pembinaan prestasi yang sudah dijalankannya selama ini telah membuahkan hasil meskipun belum sampai ke tingkat Provinsi. Hal tersebut di buktikan dengan diraihnya prestasi dalam bidang olahraga  selama dua tahun terakhir.

Dikatakannya, pada tahun 2017 SDN 3 Plantaran berhasil menjadi juara umum O2SN dan juara pertama bulutangkis kelompok putra pada O2SN kecamatan Kaliwungu Selatan. Sebelumnya pada tahun 2016  meraih   juara putra putri tingkat kecamatan,  juara sepak takraw putra tingkat Kecamatan, dan juara bola voli mini tingkat Kecamatan.

Guru olahraga SDN 3 Plantaran Kaliwungu Selatan, Wardiyo menambahkan pihaknya  terus berusaha memberikan motivasi kepada siswa  melalui hal-hal sederhana  seperti memberikan semacam reward berupa uang jajan bagi  anak-anak yang menang pada saat latihan.

Tidak Hanya itu, bagi yang meraih juara pada perlombaan akan menerima uang pembinaan dari sekolah. Terkait dengan kompetisi antar  SD/MI se-Kabupaten Kendal yang diadakan oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama  dengan Dinas Pendidikan Kabupaten kendal pihaknya mengaku sudah dalam proses mempersiapkan diri menghadapi perlombaan yang akan berlangsung hingga 31 Desember mendatang tersebut. “Kita prinsipnya  kebersamaan, jadi kita bentuk tim untuk  menyiapkan segala hal yang berkaitan  dengan kategori yang kita pilih yakni Sekolah Berprestasi Olahraga,” pungkasnya. (zen/bas)