BBWS Siapkan Pembongkaran Bangunan Eksisting

110
NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMANG
NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMANG

SEMARANG-Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana saat ini sedang melakukan inventarisasi untuk memersiapkan pembongkaran dan rekonstruksi bangunan eksisting yang terkena dampak pembangunan normalisasi sungai Banjir Kanal Timur (BKT).

Bangunan eksisting pada paket pertama, yakni dari muara Kelurahan Tanjungmas ke jembatan rel kereta api Kelurahan Kemijen. Di antaranya adalah jembatan rel kereta dan Jembatan Arteri Yos Sudarso. Selain itu, bangunan pintu air di Tanggul Rejo serta saluran pipa gas dan rumah pompa masing-masing di Kali Banger.

“Bangunan eksisting di sepanjang Sungai Banjir Kanal Timur perlu disesuaikan. Sebagian bangunan eksisting ini diperlukan pembongkaran dan rekonstruksi. Selebihnya akan dilakukan penyesuaian berdasarkan desain yang ada,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ruhban Ruzziyatno, kemarin.

Dikatakannya, di antara bangunan eksisting sebagian di antaranya akan dilakukan pembongkaran seperti di Jembatan Kaligawe Lama. Selain itu, ada dua jembatan lama di Tambak Dalam Sawah Besar dan Citarum akan dilakukan rekonstruksi. “Saat ini, kami masih melakukan inventarisasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Termasuk koordinasi dengan Pemkot Semarang untuk memutuskan mana yang akan dilakukan pembongkaran atau rekonstruksi terlebih dulu,” katanya.

Sedangkan bangunan eksisting pada paket kedua, yakni mulai jembatan rel kereta api hingga Jembatan Citarum, meliputi lima jembatan umum, dua pintu air, saluran pipa gas dan dua rumah pompa. Kemudian, pipa saluran pembuangan, jembatan Telkom, dua tiang listrik serta jembatan PDAM.

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here