Amalia Nur Afifah (DOK PRIBADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).
Amalia Nur Afifah (DOK PRIBADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).

GEMAR memasak dan pintar memanfaatkan peluang bisnis, membuat Amalia Nur Afifah sukses menjalankan kedua bisnisnya yaitu catering dan make up. Tak jarang pula ia diundang ke berbagai seminar sebagai pembicara.

“Alhamdulillah ada bisnis kuliner yang sudah jalan dari tahun 2014, namanya Dapur Chef Afi. Ada juga usaha risoles bernama Goutzilla. Sedangkan usaha make up sendiri aku baru jalani dua tahun terakhir dan kuberi nama Chef Afi Make Up,” ujar dara kelahiran 1995 ini.

Uniknya, bisnis yang dijalani Afi ini berangkat dari kegemarannya memasak dan berdandan. “Aku punya hobi masak sama dandan sejak kecil. Nah, dari hobi itulah aku coba ambil peluang dan alhamdulillah masih terus berjalan dan berkembang sampai sekarang,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Dulunya, Afi hanya berjualan di kampusnya saja, kemudian Afi mencoba mempromosikannya di media sosial seperti facebook dan instagram. Afi juga mempromosikan bisnisnya dari mulut ke mulut, sehingga Afi mulai kebanjiran pesanan setiap hari.

“Untuk jenis-jenis kue yang kujual, biasanya mulai dari cake ulang tahun, jajanan pasar, dan apapun itu tergantung pesanan customer,” terang dara yang baru saja lulus kuliah dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip ini.

Untuk bisnis make up-nya sendiri, Afi biasa mendapatkan pelanggan untuk acara wisuda, pernikahan, paduan suara, juga make up non formal seperti promnite dan sejenisnya. Selain mengurus kedua usahanya itu, Afi juga disibukkan untuk mengisi seminar sebagai pemateri. Sudah tidak terhitung Afi menjadi pengisi di seminar bisnis, kecantikan, serta cooking and baking.

“Alhamdulillah setelah lulus kuliah, jadi bisa lebih fokus sama kedua usahaku. Aku jadi bisa lebih mengembangkannya. Untuk ke depannya sih, aku berencana membuat toko kue sendiri,” harap Afi ketika ditanya rencana ke depan usahanya oleh Jawa Pos Radar Semarang. (mg45/ida)