DOK JAWA POS RADAR KEDU
DOK JAWA POS RADAR KEDU

MUNGKID—Perusahaan Daerah (PD) BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang dinyatakan sebagai bank dengan posisi sangat sehat. Hal ini tidak lepas dari berbagai program yang telah disusun untuk menjaga persaingan di era modern.

Direktur PD BPR Bank Bapas 69, Fran Suharmadji, mengatakan, capaian ini tidak lepas dari kerja sistem yang telah dipersiapkan. “Dibutuhkan dukungan internal, berupa sumber daya manusia yang cakap dan profesional, dengan kinerja yang selalu terjaga. Juga dukungan penuh dari Pemkab, selaku pemilik dan kerja sama yang baik antarlini serta stakeholder terkait,” kata Dirut Bank Bapas 69, Fran Suharmadji SE, MM, Jumat (8/9) kemarin.

Fran menyebut, hingga 31 Juli 2017, total aktiva Bank Bapas 69 Rp 848 miliar dan dana pihak ketiga Rp 698,5 miliar. Sebagian berasal dari simpanan pelajar (Simpel) milik sekitar 10.000 anak. Produk yang diluncurkan enam bulan lalu, telah menghimpun dana hampir Rp 10 miliar.

Ratio Kecukupan Modal (CAR) berada pada posisi 18,10 persen, jauh di atas ketentuan minimal dari Bank Indonesia 8 persen. Dari hasil audit akuntan publik lewat penilaian terhadap capital aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas, Bank Bapas 69 dikategorikan: “sangat sehat”.

Posisi debet Rp 669,5 miliar dan kredit bermasalah hanya 0,89 persen. Artinya, secara pengembalian kredit dari nasabah relatif amat lancar. Sedangkan laba sebelum pajak hingga terelisasi hingga Rp 18 miliar dan disetor ke kas daerah sebagai PAD tahun ini sebesar Rp 12,6 miliar.

Dari hasil kinerja selama semester pertama sepanjang 2017, melahirkan berbagai prestasi tingkat nasional. Di antaranya, peringkat pertama Indonesia (CSR) Award 2017 majalah Economic Review dan Indonesia Best BPR Award majalah Warta Ekonomi.

Adapun dalam ajang Infobank BPR Award 2017, Bank Bapas 69 meraih penghargaan sebagai BPR dengan predikat kinerja “sangat bagus”. Juga merebut penghargaan Golden Award untuk kategori kinerja keuangan “sangat bagus” selama lima tahun berturut-turut. (vie/isk)