CEK SUNGAI: Tim gabungan saat meninjau salah satu sungai di Wonosobo yang sering digunakan sebagai tempat buang sampah 9IST).
CEK SUNGAI: Tim gabungan saat meninjau salah satu sungai di Wonosobo yang sering digunakan sebagai tempat buang sampah 9IST).

WONOSOBO-Tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar operasi sungai bersih, menyusul viral di medsos rekaman pembuangan sampah di Sungai Bogowonto, beberapa waktu lalu.

Operasi melibatkan unsur terkait, seperti TNI, Polri, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tim menyisir 11 sungai di wilayah kota yang disinyalir kerap menjadi tempat pembuangan sampah oleh warga. Seperti pintu air Kalianget, Wonobungkah, Jlamprang, sungai Semagung, Singkir, dan jembatan kompleks Tata Bumi. Lainnya, jembatan Siantap, Puntuk, jembatan Siantap, sungai sepanjang Jalan Bismo dan sungai Mangli.

Operasi dipimpin oleh Kasubbag Satpol PP, Hermawan Animoro. Hasilnya, tim menemukan 5 lokasi masih digunakan warga untuk membuang sampah. “Kami menemukan lima sungai yang dipenuhi tumpukan sampah,” kata Hermawan saat ditemui di lapangan.

Lima lokasi sungai itu adalah pintu air Kalianget, jembatan Wonobungkah, jembatan Siantap, jembatan Jalan Tata Bumi, dan jembatan di Jalan Bismo. Tim juga menemukan warga dan pemilik warung makan yang membuang sampah ke sungai. “Mereka membuang limbahnya ke sungai. Kepada mereka, telah kami lakukan pemanggilan untuk selanjutnya dilakukan langkah-langkah pembinaan.”

Dikatakan, tujuan operasi untuk memetakan lokasi serta daerah aliran sungai yang sering digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. “Hasil dari operasi ini, akan kami koordinasikan dengan pihak terkait untuk dilakukan langkah-langkah pembinaan. Baik warga di sekitar lokasi maupun warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai, agar tidak lagi membuang sampah di sungai.”

Sebab, membuang sampah di sungai—selain mencemari lingkungan dan menyebabkan banjir—juga melanggar Perda Nomor 2 tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. “Khususnya, pasal 44 ayat 3.” Hermawan berjanji, pihaknya akan rutin menggelar operasi serupa. (ali/isk)