TARI PEMBUKA: Tari Sejuta Bunga membuka kegiatan Haornas dan pameran gebyar Haornas ke-34, di Alun-Alun Kota Magelang, kemarin (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU).
TARI PEMBUKA: Tari Sejuta Bunga membuka kegiatan Haornas dan pameran gebyar Haornas ke-34, di Alun-Alun Kota Magelang, kemarin (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU).

MAGELANG – Pameran Gebyar Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 di Alun-Alun Kota Magelang dibuka oleh Wakil Wali Kota Magelang, Widarti Agustina, kemarin. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, hingga puncak peringatan Haornas pada 9 September besok. Pameran diikuti puluhan peserta. Terjauh, dari Singkawang, Kalimantan.

Asdep Sentra Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Teguh Raharjo, mengatakan, pameran gebyar Haornas juga akan dimeriahkan beberapa kegiatan pendukung. Di antaranya, peragaan busana olahraga, senam masal, talkshow, dan pertunjukan wayang. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan Haornas, ada Liga Pelajar yang diikuti sekitar 6.000 atlet, Liga Desa (Gala Desa), dan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang menempuh jarak 5.000 kilometer. “Kami hadir di tengah masyarakat untuk memberikan warna bahwa olahraga bisa menyatukan kita,” kata Teguh.

Tidak hanya menggaungkan Ayo Olahraga, kegiatan Haornas juga bertujuan menangkap potensi-potensi daerah. Baik dari sisi ekonomi, wisata, maupun sumber daya manusianya.

“Jalur yang ditempuh peserta GPN melewati destinasi wisata. Mereka membawa tanah dan air yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan Monumen Tanah Air Persatuan di puncak Gunung Tidar.” Sedangkan Gala Desa untuk mencari bibit atlet potensial dari daerah. “Kami sadar bahwa potensi atlet itu ada di daerah-daerah.”

Wakil Wali Kota Windarti Agustina mengaku bangga Kota Magelang dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Haornas. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya menggugah semangat masyarakatnya dalam berolahraga. Tapi juga menggairahkan perekonomian kota. (put/isk)