Cetak Siswa Berkarakter dan Berprestasi

498
MULAI BERSIAP: Kepala Sekolah SD Negeri Bugangin, Jumirah beserta siswa-siswi didampingi salah satu guru sekolah (M HARYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
MULAI BERSIAP: Kepala Sekolah SD Negeri Bugangin, Jumirah beserta siswa-siswi didampingi salah satu guru sekolah (M HARYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – Sistem pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Negeri Bugangin patut diacungi jempol. Pasalnya, sekolah yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta tepatnya Kelurahan Bugangin Kendal Kota ini memberikan pendidikan kepada muridnya untuk memiliki jiwa berkarakter dan berprestasi.

Terbukti, sekolahan yang menerima pendaftaran sejak tahun 1985 ini memiliki segudang prestasi. Paling menonjol, prestasi yang diukir siswa-siswi disini adalah ajang kejuaraan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) di Kendal.

Perlombaan Mapsi antar Kecamatan se-Kabupaten Kendal, murid SD Negeri Bugangin bernama Aulia Putri Lestari, kelas 6 ini menjuarai lomba seni Mocopat tingkat kecamatan. Padahal murid tersebut dari latar keluarga yang sangat sederhana.”Tiga kali juara pertama Tingkat Kecamatan lomba Mapsi, terbaru tahun 2017 ini,” ungkap Kepala Sekolah SDN Bugangin, Jumirah saat ditemui diruang kerjanya oleh Jawa Pos Radar Semarang Kamis (7/9) kemarin.

Setidaknya, prestasi yang diukir dari oleh murid sekolahan ini telah mengoleksi 70 piala dari berbagai ajang perlombaan. Selain perlombaan Mapsi, prestasi yang diraih antara lain lomba MTQ, lomba Popda dan termasuk lomba menyanyi.

“Lomba MTQ mewakili tingkat Kecamatan maju di Kabupaten tahun 2016, lomba menyanyi tunggal juara harapan pertama tahun 2016. Setiap ada perlombaan pasti ikut, ya paling tidak satu tahun mendapat lebih dari 4 prestasi perlombaan,” katanya.

Diakuinya juga, siswa-siswi yang kelas enam yang telah lulus mengikuti ujian juga hasilnya sangat membanggakan. Sehingga sekolah yang dipimpinya sekarang ini memiliki akreditasi bagus.

“Bertahun-tahun, ujian kelas enam juga masuk 10 besar di tingkat Kecamatan Kendal Kota. Pada prinsipnya, untuk mengukir prestasi, siswa-siswi rajin berlatih, punya kemauan keras. Latihan harus disiplin, dan mendidik siswa supaya disiplin perlu pembiasaan,” terangnya.

Bekal prestasi yang diukir para siswanya ini, Jumirah tidak ragu lagi membawa nama SD Negeri Bugangin maju mengikuti perlombaan “Sekolah Berprestasi Menuju Kendal Permata Pantura. Lomba ini sengaja digelar oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kendal dengan tujuan supaya siswa-siswi ini tetap bersemangat dalam mengukir prestasi.

“Ya, ini saya ikutkan yang kategori Sekolah Berprestasi Seni dan Budaya. Siswa-siswa disini kan juga selalu diajarkan tembang lagu dolanan sama kenal wayang, termasuk geguritan. Ini supaya kesenian kita tidak tergerus dengan budaya asing, kesenian dan kebudayaan kita tetap terlestarikan,” katanya.

Para tenaga pendidik di sekolah ini juga mengajarkan para siswanya memiliki jiwa yang berkarakter. Menurutnya, siswa yang berprestasi tidak terlepas dari kepribadian yang sehat dan beriman. Salah satu yang diterapkan adalah mengajak para siswa untuk selalu sholat berjamaah di sekolahan.

Jumirah menambahkan, pendidikan karakter lainya, para siswa juga diberikan pemahaman untuk membiasakan selalu cinta tanah air. Salah satunya menyanyikan lagu indonesia raya dan menghafalkan sila-sila Pancasila.”Untuk kedepan, kita akan mengajarkan karawitan kepada siswa. Kita juga sudah memiliki peralatan drum band, dan dua pelatih,” pungkasnya. (mha/bas)