252 Polisi Jaga Perbatasan

252

PURWOREJO – Polres Purworejo meningkatkan pengamanan jalur untuk menyikapi rencana aksi pengerahan massa ke Borobudur Magelang. Operasi penyekatan akan dilakukan di sejumlah titik akses masuk dan keluar Kabupaten Purworejo.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Purworejo Kompol Setiyoko mengatakan, pengamanan dilakukan menindaklanjuti perintah Kapolda Jateng yang melarang aksi massa di Borobudur. “Kami lakukan peningkatan pengamanan selama dua hari,” katanya selepas apel siaga gelar pasukan, Kamis (7/9).

Penjagaan akan dilakukan di tiga titik masuk Kabupaten Purworejo. Tiga titik berbatasan dengan Kebumen yang dijaga terdapat di Kecamatan Butuh, Jalan Daendels Grabag dan Pituruh, sementara titik keluar Purworejo yang dijaga terdapat di Kecamatan Bener.

Sebanyak 252 anggota Polri berbagai unsur dilibatkan dalam operasi pengamanan tersebut. “Sasaran kami tidak hanya mencegah massa, namun juga para pelaku tindak kejahatan lainnya, termasuk kelengkapan surat kendaraan. Jadi seperti operasi rutin biasa,” tuturnya.

Polres Purworejo mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menanggapi konflik di Myanmar. Menurutnya, pihak Myanmar dibantu sejumlah negara termasuk Indonesia, tengah menangani persoalan tersebut. Polres Purworejo memerintahkan jajarannya untuk sosialisasi kepada masyarakat. “Saran kami kalau mau salat Jumat di tempat ibadah masing-masing saja, umat juga tetap bisa mendoakan juga menggalang bantuan untuk muslim di Rakhine,” kata Setiyoko. (jpg/ton)