Air Mineral Sanford Ekspansi ke Semarang

1554
TAMU REDAKSI: Marketing Manager Sanford Mineral Water, Reza Juliartanto (kanan) dan Sales Supervisor Sanford Mineral Water M Ali Mahfud saat berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Arif Riyanto (tengah) (Ahsan fauzi/jawa pos radar semarang).
TAMU REDAKSI: Marketing Manager Sanford Mineral Water, Reza Juliartanto (kanan) dan Sales Supervisor Sanford Mineral Water M Ali Mahfud saat berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Arif Riyanto (tengah) (Ahsan fauzi/jawa pos radar semarang).

SEMARANG- Setelah sukses di Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam, air mineral Sanford melakukan ekspansi ke Pulau Jawa. Tiga kota yang menjadi bidikan produsen air mineral yang didirikan pengusaha Suwanto ini adalah Jakarta, Bandung dan Kota Semarang.

“Sebenarnya kita sudah masuk Semarang sejak September 2016 lalu. Tapi, kami masih fokus menggarap pasar. Kami blusukan hingga ke kampung-kampung, RT dan RW,” kata Sales Supervisor Sanford Mineral Water, M Ali Mahfud, saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang Jalan Veteran No 55 Semarang, Rabu (6/9).

Ali Mahfud yang datang bersama Marketing Manager Sanford Mineral Water Reza Juliartanto diterima oleh Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Arif  Riyanto.

Ali menjelaskan, saat melebarkan sayapnya di Kota Semarang, Sanford fokus air mineral dalam galon. Ia banyak membidik rumah tangga ketimbang perkantoran. “Alhamdulillah progres penjualan selalu naik. Sekarang dalam sebulan bisa sampai 8 ribu galon,” ujar pria kelahiran Lamongan, Jatim ini.

Ia mengaku, lebih memilih pasar rumah tangga karena untuk memperkuat brand dan membumikan merek Sanford. Sebab, selama ini banyak merek air mineral yang hanya dikenal di restoran besar, kafe, hotel, tempat hiburan, dan lainnya, namun konsumen rumah tangga yang jumlahnya besar justru tak mengenalnya.

“Konsumen air mineral Semarang ini unik. Kalau sudah fanatik dengan merek tertentu, susah pindahnya. Beda dengan di Jakarta, warganya masih bisa menerima banyak merek air mineral, jadi tidak itu-itu saja,” katanya.

Karena itu, berbagai program promosi pun dilakukan. Misalnya, dengan mensupport kegiatan tujuhbelasan RT/RW, menggelar program tukar galon dengan merek Sanford. “Apapun galonnya bisa ditukar. Asalkan galonnya ada mereknya. Bukan galon air isi ulang yang tipis itu,” ujarnya sambil tersenyum.

Saat ini, setelah pasar air mineral galon cukup kuat, Sanford juga mulai memasarkan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) botol 600 ml, 1500 ml, dan kemasan gelas plastik di Kota Atlas. Untuk produksinya dilakukan di Kawasan Industri Candi Blok 23 Purwoyoso, Ngaliyan. Adapun bahan baku airnya dipasok dari sumber air alami di Sukorejo, Kendal.

Reza Juliartanto menambahkan, di Kepri khususnya Kota Batam, air mineral Sanford menjadi market leader. Tak hanya produk galon, tapi juga produk kemasan cup (gelas) maupun botol 600 ml dan 1500 ml. “Kami produk lokal, tapi sudah menjadi ‘raja kecil’ di Batam. Air mineral merek nasional ada, tapi masih kalah dengan kami,” katanya.

Untuk pemasaran di Kota Semarang, lanjut Reza, pihaknya menggandeng toko kelontong, depo air isi ulang dan agen air mineral. Selain itu, pihaknya juga mulai membidik kantor-kantor pemerintah maupun swasta. “Kita akan melakukan promosi  dengan road show ke instansi dan lembaga setiap hari jumat pagi saat acara senam bersama,” ucapnya.

Ia membeber, instansi yang telah dikunjungi, di antaranya Kantor Imigrasi Klas I Semarang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang. “Ke depan, kita juga akan masuk ke Pemkot Semarang,” katanya. (san/aro)