Gunung Tidar dan Stadion Dijaga Ketat

248
Hari Purnomo. (DOK RADAR KEDU)
Hari Purnomo. (DOK RADAR KEDU)

MAGELANG–Sebanyak 1.077 personel keamanan akan mengamankan jalannya peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV di Kota Magelang, 7-9 September. Pengamanan super ketat akan diterapkan, menyusul rencana kedatangan Presiden RI, Joko Widodo.

Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo melalui Kasubag Humas AKP Esti Wardiani menegaskan, pengamanan Haornas adalah prioritas. Terlebih, menurut Esti, Presiden Jokowi berencana hadir dan ikut dalam rangkaian kegiatan Gowes Pesona Nusantara. “Pengamanan melibatkan gabungan Polda Jateng, Brimob, TNI dan Paspampres. Total yang disiapkan 1.077 personel keamanan.”

Pengamanan super ketat, menurut Esti, akan menerapkan ring 1 hingga ring 3, melibatkan satuan penjinak bom, mobil barracuda, serta secdoor. “Pengamanan dititikberatkan di Stadion Much Soebroto dan Alun-Alun Kota Magelang. Karena Haornas ini, pelaksanaannya di beberapa tempat. Jadi, kami konsentrasikan pula pengamanannya di tempat lain, seperti gunung Tidar.”

Khusus pengamanan saat gowes, Esti menjelaskan, menurut rencana, titik mulai gowes di lapangan Secaba Jalan Pahlawan. Pengamanan akan dilakukan ketat hingga sepanjang rute sampai finish. “Kami masih akan menunggu rapat koordinasi kembali.” (cr3/isk)