IAIN Tampilkan Tema Islam Indonesia

838
PENAMPILAN PERDANA: Peserta karnaval pembangunan dari IAIN Salatiga (IST).
PENAMPILAN PERDANA: Peserta karnaval pembangunan dari IAIN Salatiga (IST).

SALATIGA – Ada wajah baru dalam karnaval pembangunan yang digelar Pemkot Salatiga Minggu (3/9) siang hingga petang. Kontingen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga ikut bergabung memeriahkan acara.

Tentunya bukan tanpa alasan IAIN kemudian bergabung untuk mengikuti karnaval. Mereka menyosialisasikan fakultas dan jurusan kepada masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya.

Sebanyak 67 dosen dan mahasiswa ikut berpasrtisipasi dalam karnaval ini. Meski bernuansa Islam, namun IAIN tidak melulu tampil identik dengan suasana Islam Arab.  “Seperti visi IAIN yakni Islam Indonesia, dalam karnaval ini kita tidak harus tampil seperti Islam  Arab, namun tampil apa adanya yakni menjadi Islam Indonesia,” ujar Koordinator Kontingen Muna Erawati.

Ada beberapa yang disajikan untuk masyarakat yakni kostum Islam Arab, kostum muslimah dan kostum daur ulang. Kali ini IAIN juga memamerkan Duta Bahasa Jawa Tengah, Duta IAIN, dan mahasiswa berperstasi lainnya.

Karnaval yang digelar dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ini diikuti puluhan peserta. Masing – masing peserta memamerkan prestasi maupun kebolehannya, baik yang bertema budaya maupun UMKM.

Sayangnya, masyarakat yang menyaksikan karnaval banyak yang meninggalkan sampah. Usai karnaval, terlihat sampah berceceran di lintasan yang dilalui peserta karnaval yakni mulai lapangan Pancasila, Jalan Adisucipto, Jalan Muh Yamin, Jalan Diponegoro dan Jalan Jendral Sudirman. (sas/ton)