Dari Hobi Jadi Profesi

367
Nike Aprilia Usready (DOKUMEN PRIBADI).
Nike Aprilia Usready (DOKUMEN PRIBADI).

TUMBUH di keluarga yang suka musik, membuat Nike Aprilia Usready juga tertarik untuk mendalami musik, khususnya dalam bidang tarik suara. Sejak kecil, gadis yang akrab disapa Keke ini mulai suka bernyanyi dan menjadikannya sebagai hobi.

“Karena sering ngelihat keluargaku main musik dan nyanyi, aku jadi kebawa, kebiasaan gitu, terus lama-lama ikut suka. Sekarang jadi hobi bahkan profesi,” kata Keke kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Meskipun dikelilingi oleh orang-orang yang suka bernyanyi, hal tersebut tidak lantas membuat Keke langsung pandai bernyanyi. Gadis asal Pati ini merintis karirnya sebagai penyanyi mulai dari nol.

“Jadi, dari SD aku udah sering ikutan lomba-lomba. Tapi, memang nggak langsung menang dan dikenal banyak orang. Jadi, semuanya dari nol, aku selalu berlatih dan Alhamdullilah didukung sama orangtua. Aku belajar bener-bener menekuni tarik suara. Setiap ada lomba aku ikutin, terus lama-lama setelah itu akhirnya bisa menang,” paparnya.

Dari satu lomba ke lomba yang lain, Keke akhirnya sering memenangkan lomba bernyanyi. Pada 2014 silam, ia mengikuti festival band tingkat nasional yang digelar di Bali. Band yang diberi nama Gendhis Jawa ini mendapatkan peringkat dua nasional dan juga penghargaan kategori The Best Vocal.

“Itu salah satu pengalaman yang paling berkesan buat aku, karena itu lombanya tingkat nasional, pesertanya juga dari seluruh Indonesia. Meskipun emang nggak juara satu, tapi juara dua aja menurutku udah Alhamdullilah banget. Dan hadiahnya juga lumayan gede,” kenangnya sambil tertawa.

Keke juga pernah bernyanyi di salah satu acara di TVRI Jateng. Kini, ia sering mendapatkan tawaran bernyanyi di berbagai acara, seperti seminar, wedding, dan juga aktif bernyanyi di kafe setiap weekend. “Alhamdullilah kalau tawaran untuk nyanyi selalu ada. Untuk acara wedding gitu biasanya dapat honor Rp 800 ribuan, kadang lebih. Ya tergantung sih,” kata mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Kota Semarang ini.

Untuk ke depannya, Keke ingin terus bernyanyi, berkarya dan bikin album sendiri. Dia juga punya harapan agar suatu hari nanti bisa bernyanyi di stasiun televisi nasional.(mg44/aro)