Zaenal Arifin
Zaenal Arifin

MUNGKID– Pemkab Magelang menyerahkan SK PNS kepada 48 tenaga harian lepas dan tenaga bantu penyuluh pertanian. Dengan tambahan 48 PNS ini diharapkan mampu mengoptimalkan program pertanian di Kabupaten Magelang.

SK diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Magelang M Zaenal Arifin di Pendopo drh Soepardi Setkab Magelang, Sabtu (2/9). “Pengangkatan ini merupakan imbas dari moratorium penerimaan CPNS tahun 2014-2019. Di mana salah satunya tenaga harian lepas dan tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TB PP) yang dapat diangkat menjadi PNS adalah memiliki usia kurang dari 35 tahun dan dinyatakan lolos seleksi,” kata Wabup.

Dari satu sisi, Pemkab Magelang juga bersyukur dengan pengangkatan ini. Pasalnya, jumlah PNS di wilayah ini semakin berkurang akibat pensiun. Sementara tambahan PNS sangat sedikit. “Terlepas dari itu, kami ikut prihatin karena teman-teman THL-TB PP yang usianya di atas 35 tahun, tidak bisa diangkat sebagai PNS karena dibatasi aturan. Namun kami akan mengakomodasi mereka menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Hanya untuk saat ini, kami masih menunggu regulasinya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Erie Sadewo dalam laporannya mengatakan, pengangkataan THL-TB PP sebagai PNS tersebut, didasarkan pada PP nomor 30 tahun 2015 tentang perubahan ke-17 atas PP nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS. Selain itu juga berdasar PP nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Sedang rincian pengangkatan 48 THL-TB PP kemarin, terdiri dari Sarjana/Diploma IV sebanyak 19 orang, Diploma III ada 2 orang dan SLTA/SMK sebanyak 27 orang. Dia berharap kinerja mereka semakin baik. (vie/ton)