Meatry Kurniasari (DOKUMEN PRIBADI).
Meatry Kurniasari (DOKUMEN PRIBADI).

KESIBUKAN di kampus tidak membatasi Meatry Kurniasari untuk berbisnis. Bahkan, bisnis online shop dengan brand Hijabic yang dirintisnya sejak September 2015 ini semakin berkembang dan cukup dikenal oleh kalangan anak muda Semarang.

“Jadi, awalnya aku nggak langsung bisnis hijab. Dulunya aku cuma jadi reseller pakaian gitu di online shop-nya kakak tingkat aku. Setelah dapat modal, akhirnya aku bikin Hijabic,” terang gadis yang akrab disapa Memey ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Uniknya, Hijabic ini menyediakan berbagai macam hijab yang dibuat sendiri. “Aku beli bahan kainnya di pasar, terus abis itu dijahit sama penjahit langganan aku. Dan Alhamdullilah, banyak yang suka karena harganya terjangkau,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dengan memanfaatkan media sosial Instagram, kini akun @Hijabic_ID sudah mendapatkan sekitar 21.300 pengikut.

“Untuk dapat followers segitu perjuangan banget sih dulu. Jadi, aku sering spam for spam gitu sama akun online shop lain yang pengikutnya sama kayak aku, lumayan sih bisa dapat 200-an pengikut. Kalo sekarang aku udah nggak fokus ke cari followers lagi,” papar Memey.

Untuk menambah modal agar usahanya lebih berkembang, Memey mencoba ikut dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang didanai oleh Dikti, dan akhirnya lolos dengan menghadirkan hijab motif batik kreasinya sendiri.

“Dana dari PMW itu bantu Hijabic banget, baik dari segi pemasaran, produksi, bahkan sekarang Hijabic udah ada penjahitnya sendiri, bisa juga inovasi-inovasi produk,” kata gadis asal Sragen ini.

Selain menyediakan daily hijab dan hijab motif batik, saat ini Memey juga dalam proses untuk membuat hijab sporty khusus olahraga. Dia juga beberapa kali mengikuti bazaar dan forum untuk mempromosikan usahanya, serta pernah menjadi pembicara dalam acara seminar dan juga talkshow tentang kewirausahaan.

Meskipun bisnis ini dijalaninya sembari kuliah, Memey mengaku kuliahnya tidak terganggu. “Aku bikin skala prioritas, jadi semua hal aku tentuin waktunya. Alhamdullilah semuanya berjalan lancar,” kata bungsu dari dua bersaudara ini. (mg44/aro)