Gelar Operasi Katarak Gratis di Wonosobo

374

WONOSOBO-Bakti Sosial Djarum Foundation kembali menghadirkan program Operasi Katarak Gratis (OKG) di Kabupaten Wonosobo. Kegiatan kali kedua ini, akan berlangsung pada Minggu (3/9), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Setjonegoro Wonosobo.

Operasi katarak gratis Djarum Foundation telah digelar dua tahun berturut-turut di Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini merupakan program OKG ke-58, yang dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Bina Netra (YBN) Jogjakarta, serta RSUD Setjonegoro Wonosobo.

Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Rudy Djauhari menyampaikan,

sejak digulirkan tahun 2011 silam, program OKG telah berhasil membebaskan lebih dari 2300 penderita katarak di 19 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Adapun prosedur yang harus dilalui penderita katarak sebelum dilakukan tindakan operasi, yakni dengan mendaftar, lalu melalui tahap penyeleksian/screening terlebih dahulu. “Hal ini, untuk memastikan bahwa kondisi tubuh dan mata penderita benar-benar memenuhi ketentuan mendapat layanan operasi katarak,” paparnya, kemarin.

Setelah dipastikan lolos, lanjut Rudy Djauhari, penderita katarak akan dioperasi oleh tim dokter. “Selain pelayanan operasi itu, juga diberikan sosialisasi mengenai penanganan katarak pasca operasi, sehingga penglihatan penderita bisa kembali pulih dan produktif. Program Operasi Katarak Gratis yang dilaksanakan Bakti Sosial Djarum Foundation memiliki tujuan untuk mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia” jelasnya. (fiq/bis/ton)