SEMARANG-Tahun ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyumbang hewan kurban di Kabupaten Pekalongan. Sapi berjenis simental seberat 1 ton itu rencananya akan diserahkan di Masjid Al Mukharom Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan setelah Ganjar mengikuti salat Idul Adha di masjid setempat.

“Untuk kurban di Pekalongan akan diserahkan Pak Gubernur sendiri, karena beliau juga akan salat ied di sana bersama warga setempat,” kata Kepala Bagian Humas Setda Provinsi Jateng, Lilik Henry, ketika dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (31/8) kemarin.

Selain di Pekalongan, gubernur berambut putih itu juga menyerahkan dua ekor sapi ke Panitia Kurban DPD PDIP Jateng. Yakni sapi jenis Brahman dengan berat 900 kg dan sapi jenis Angus dengan berat 860 kg.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko berencana menyerahkan hewan satu kurban di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Di tempat yang sama, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jateng juga menyumbang satu ekor sapi.

Ketua Panitia Idul Adha MAJT, KH Sarjuli menjelaskan bahwa total ada 6 ekor sapi yang disumbangkan ke tempatnya. Selain dari dinas dan Wakil Gubernur Jateng, hewan kurban berasal dari Keluarga Presiden RI, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus Semarang), LAZ Masjid Al Azhar Jakarta, dan pengusaha dari Jepara.

Untuk kambing, pihaknya telah menerima 8 ekor dari Pangdam 4 Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman, PT Mega Cipta Sentra Persada, Anggrek Katering, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jateng, serta beberapa dari perorangan. (amh/ida)