Sedekah Bantu Program Entaskan Kemiskinan

357
Zaenal Arifin (IST).
Zaenal Arifin (IST).

MUNGKID—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Magelang mengajak masyarakat untuk gemar bersedekah. Sebab, sedekah dinilai sebagai salah satu bentuk riil membantu program pengentasan kemiskinan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Magelang, HM Zaenal Arifin, di sela-sela pemberian santunan di Kecamatan Ngablak, kemarin. ”Karena progam pengentasan kemiskinan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Butuh peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya,” kata Zaenal.

Selain itu, kegiatan bersedekah juga untuk menumbuhkan kepedulian. Zaenal berharap, gerakan kecil ini bisa dilakukan secara bersama-sama, sehingga menjadi gerakan yang lebih besar. Dikatakan, sejauh ini Baznas baru menerima zakat dan infaq dari kalangan PNS dan pegawai BUMD. “Adapun zakat dan infaq disalurkan kepada orang yang membutuhkan, khususnya anak yatim. Termasuk di antaranya guru ngaji.”

Wakil Bupati Magelang itu menyampaikan, pada Agustus ini, zakat infaq disalurkan kepada warga di Kecamatan Ngablak. “Ada 240 guru ngaji, 25 lansia miskin, 25 buruh tani, dan 240 anak yatim yang menerima santunan kali ini.” Camat Ngablak, Budi Daryanto, mengaku sangat berterima kasih atas santunan yang diberikan melalui Baznas. “Semoga bisa sedikit membantu meringankan beban warga.” (vie/isk)