Keluar Penjara, Pecandu Sabu Diringkus

673
GELAR NARKOBA : Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo membeber penangkapan empat tersangka narkoba, dengan barang bukti sabu-sabu 7,5 gram (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).
GELAR NARKOBA : Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo membeber penangkapan empat tersangka narkoba, dengan barang bukti sabu-sabu 7,5 gram (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).

MAGELANG–Petugas Polres Magelang Kota menangkap empat tersangka tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu. Barang bukti yang diamankan 7.5 gram sabu. Dua di antaranya, residivis dengan kasus yang sama.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Hari Purnomo, mengatakan, keempatnya ditangkap pada hari dan waktu berbeda. Kali pertama, polisi menangkap Hery Joko Santoso, 37, warga Desa Kadiluwih, Kabupaten Magelang. Ia ditangkap pukul 20.00, di Kampung Kemirikerep, Kelurahah Kemirirejo, Kota Magelang.

“Tersangka ditangkap berdasarkan informasi warga. Kemudian, kami lakukan pemantauan serta observasi. Dari observasi, kami mencurigai gerak-gerik tersangka yang akan mengambil sesuatu di bawah pohon sekitar kampung itu,” kata AKBP Hari Purnomo, Senin (28/8), saat gelar perkara di Mako Polres. Ketika ditangkap, petugas menemukan barang bukti berupa tiga bungkus sabu. Beratnya masing-masing 1,04 gram, 0,54 gram, dan 0,55 gram beserta sepotong sedotan.

Dari hasil pengembangan, pelaku Hery diketahui berkomunikasi dengan Alvin Oktavian, 22, asal Desa Salam, Kabupaten Magelang. Keesokan harinya, petugas melakukan pemantauan dan penyelidikan di sekitar Mal Artos.

“Sore hari, kami mencurigai gerak-gerik Alvin di samping Mal Artos atau depan SMA Kristen Indonesia. Selanjutnya, kami geledah dan menemukan ponsel yang digunakan Alvin untuk berkomunikasi dengan Hery. Lalu kami amankan sebagai barang bukti.”

Setelah dilakukan pendalaman, sabu yang disita dari tangan Hery, ternyata dibeli dengan cara patungan antara Hery dan Alvin. Rencananya, sabu akan dipakai bersama-sama.

“Pelaku Hery kami jerat pasal 112 subsider pasal 127 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.” Sedangkan Alvin dijerat pasal 112 subsider pasal 132 subsider pasal 127 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Ancamannya 12 tahun penjara,” kata Hari didampingi Kasubag Humas, AKP Esti Wardiani.

Selain Hery dan Alvin, Polres Magelang Kota juga menangkap dua pelaku kasus serupa atas nama Yuli Rudianto, 35; dan Dani Sulistyo, 31. Warga asal Desa Danurejo, Kabupaten Magelang, itu, ditangkap pada Minggu (13/8) malam, di sekitar Jalan Dr Wahidin, Potrobangsan, Kota Magelang.

“Penangkapan ini juga berdasarkan informasi warga. Kami lakukan pemantauan dan mencurigai gerak-gerik dua orang yang berboncengan motor di depan pagar rumah kosong. Keduanya mengambil sesuatu dan pergi ke arah barat. Saat digeledah, anggota kami menemukan sebungkus plastic, diduga berisi sabu 5 gram.”

Perbuatan keduanya dijerat pasal 112 subsider pasal 127 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya, 12 tahun penjara. “Hasil penyelidikan, tersangka Dani dan Hery merupakan residivis kasus serupa dan baru keluar pada Januari dan Februari 2017.”

Tersangka Heri Joko Santoso mengaku baru keluar dari penjara dengan kasus yang sama. “Saya baru keluar dari penjara tahun ini. Saya dihukum 8 bulan di Lapas Yogyakarta, karena kasus narkoba. Narkoba saya konsumsi sendiri karena ketagihan.” (cr3/isk)