Tenaga Ahli Jerman Transfer Ilmu ke Sekolah Vokasi Undip

237
BAGI ILMU: Klaus Gundelach bersama pimpinan sekolah vokasi Prof Budiyono, di Sekolah Vokasi Undip, Tembalang, Semarang (AFIATI TSALISTATI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
BAGI ILMU: Klaus Gundelach bersama pimpinan sekolah vokasi Prof Budiyono, di Sekolah Vokasi Undip, Tembalang, Semarang (AFIATI TSALISTATI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Tenaga Ahli Jerman yang tergabung dalam Senior Experten Service (SES) berbagi ilmu mengenai sistem pendidikan vokasi di Jerman secara umum kepada sekolah vokasi program studi D3 Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip).

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Budiyono menjelaskan bahwa kedatangan tenaga ahli ini merupakan suatu kesempatan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan kurikulum di Prodi (program studi) Teknik Kimia.

Pengembangan kurikulum ini nantinya dapat diaplikasikan dalam sistem pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki global competitiveness.

“Program Studi Teknik Kimia Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro mengembangkan potensi kerjasama di bidang pendidikan Teknik Kimia dengan Jerman. Program kerjasama ini memfasilitasi kedatangan para tenaga ahli dari Jerman ke berbagai prodi di Sekolah Vokasi Undip sesuai dengan disiplin ilmu terkait,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selama  3 hingga 8 minggu ini para ahli akan melakukan sejumlah kegiatan, seperti pengembangan kurikulum pembelajaran dan knowledge transfer mengenai sistem pendidikan vokasi di Jerman dan Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof Muhammad Zainuri DEA mengatakan, ini merupakan upaya Undip untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

“Dengan hadirnya tenaga ahli Jerman di prodi Teknik Kimia, memberikan dampak positif bagi pengembangan Sekolah Vokasi Undip diantaranya dalam potensi magang dengan industri di luar negeri. Tentunya sejalan dengan visi Undip untuk menjadi Universitas Riset yang unggul dengan reputasi mumpuni di tingkat Internasional,” ujar Zainuri.

Selama durasi kunjungan di Program Studi Teknik Kimia Sekolah Vokasi Undip, Mr Gundelach mendapatkan pendampingan dan dukungan penuh dari Ketua dan Sekretaris Program Studi, Dekan, para Wakil Dekan, Koordinator Bagian Kerjasama dan para dosen. (tsa/zal)