58 Penderita Katarak Karanganyar Operasi Gratis

1008
KURANGI PENDERITA KATARAK-Penderita katarak saat mendapatkan pelayanan operasi tanpa biaya di RSUD Karanganyar, Minggu kemarin.
KURANGI PENDERITA KATARAK-Penderita katarak saat mendapatkan pelayanan operasi tanpa biaya di RSUD Karanganyar, Minggu kemarin.

KARANGANYAR-Sebanyak 58 penderita Katarak di Kabupaten Karanganyar dilayani operasi tanpa biaya melalui program Operasi Katarak Gratis (OKG) dari Bakti Sosial Djarum Foundation di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar, Minggu (27/8) kemarin. Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan bekerja sama Yayasan Bina Netra (YBN) Yogyakarta dan RSUD Karanganyar.

Operasi katarak gratis ini kali ketiga dilaksanakan di RSUD, dan sekaligus rangkaian ke-57 dari kegiatan OKG Djarum Foundation. Pejabat Sekda Drs Samsi MSi, yang hadir mewakili Bupati Karanganyar, Drs Yuliatmono MM, menyampaikan, OKG sangat membantu pemerintah daerah, karena hingga saat ini masih banyak ditemui penderita katarak di Karanganyar.

“Kami berharap, kerja sama ini dapat terus ditingkakan. Bagi yang menjalankan operasi, tidak usah takut. Pasrah saja dengan Yang Maha Kuasa. Nurut dengan dokter, nanti segera sembuh, ” paparnya mengawali kegiatan.

Direktur RSUD Karanganyar, dr Wahyu Purwadi MKes, mengatakan, dari lebih dari seratus pendaftar diputuskan 58 penderita katarak dioperasi. “Jauh hari kami sudah melayani pendaftaran ikut operasi gratis ini. Namun tidak biasa semuanya bisa operasi karena harus melalui setelah melalui screening. Selain faktor medis, juga kuotanya setiap kali ada (OKG) terbatas,” jelasnya.

Sementara, Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Rudy Djauhari, memaparkan, program OKG ini bertujuan untuk turut mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Operasi Katarak Gratis bentuk kepedulian kami bagi warga kurang mampu penderita katarak. Bagi penderita katarak yang sudah dioperasi, dapat beraktivitas seperti sedia kala, dan meningkatkan kualitas hidupnya,” jelasnya. (fiq/bis/ap)