Wajib Fokus di Pekan Krusial

1918
WAJIB MENANG: Tim Sragen United wajib meraih hasil positif di pekan krusial babak penyisihan Grup 4 saat ini (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
WAJIB MENANG: Tim Sragen United wajib meraih hasil positif di pekan krusial babak penyisihan Grup 4 saat ini (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Pekan ke-13 babak penyisihan Grup 4 saat ini akan menjadi pekan yang cukup krusial bagi beberapa tim baik untuk menjaga kans lolos babak 16 besar maupun untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi.

Dua tim yaitu Persis Solo dan PSIR Rembang sama-sama masih membutuhkan poin untuk menjaga kans menyabet satu tiket ke babak 16 besar mengingat satu tiket lainnya telah dipastikan menjadi milik PSIS Semarang.

“Kami masih menyisakan tiga pertandingan yaitu kandnag lawan PPSM (27/8), tandang lawan Persis (11/9) dan laga lanjutan lawan Persis. Kami harap anak-anak masih terus tampil fight untuk memperebutkan tiket 16 besar,” kata asisten pelatih PSIR, David Prisma Nugraha.

Sedangkan sedangkan menuju playoff saat ini tinggal menyisakan satu tiket karena satu tiket lainnya sudah pasti menjadi milik Persis Solo atau PSIR Rembang. Jika salah satu gagal menuju 16 besar otomatis akan bertarung di zona playoff untuk bisa bertahan di Liga 2.

Sedangkan satu tiket playoff lainnya masih akan diperebutkan oleh tiga tim yaitu Persipur Purwodadi, Sragen United dan PPSM Magelang. Hasil laga pekan ke-13 saat ini akan menentukan kans mereka menuju zona playoff.

Seperti diketahui, sesuai dengan regulasi Liga 2, dua tim teratas di akhir babak penyisihan Grup berhak melaju ke babak 16 besar. Kemudian peringkat tiga dan empat akan bertarung di babak playoff yang akan diikuti 16 tim. Dari 16 tim playoff tersebut lima tim di akhir babak playoff berhak bertahan di Liga 2, sedangkan sisanya akan terdegradasi.

Kemudian petingkat kelima hingga delapan pada babak penyisihan Grup dipastikan akan terdegradasi. Format tersebut dibuat lantaran musim depan kompetisi kasta kedua di Indonesia rencananya hanya akan diikuti 24 tim saja.

“Pastinya kami akan allout untuk bisa menjaga kans ke playoff. Syaratnya ya harus meraih poin penuh di dua pertandingan tersisa. Persiapan teknis terus kami lakukan, mudah-mudahan bisa memenuhi target lolos ke playoff,” kata Manajer Sragen United, Ismu Puruhito.

Sementara dua tim penghuni Grup 4 yaitu Persipon Pontianak dan Persiba Bantul saat ini dipastikan tidak bisa beranjak dari zona degradasi. Persipon saat ini baru mengumpulak delapan poin sedangkan Persiba hanya mengoleksi empat poin. Dengan begitu zona degradasi saat ini masih menyisakan dua tempat lagi di Grup 4. (bas)