PKB Jajaki Koalisi

Membuka Penjaringan Bacabup-Bacawabup

366
DESK PILKADA: Ketua Desk Pilkada DPC PKB Temanggung, Muh Amin (tiga dari kiri) menjelaskan mekanisme penjaringan bacabup-cawabup partainya di aula Sekretariat DPC, kemarin (AHSAN WONG FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).
DESK PILKADA: Ketua Desk Pilkada DPC PKB Temanggung, Muh Amin (tiga dari kiri) menjelaskan mekanisme penjaringan bacabup-cawabup partainya di aula Sekretariat DPC, kemarin (AHSAN WONG FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).

SEMENTARA itu, dari Temanggung dilaporkan bahwa DPC PKB setempat resmi membuka pendaftaran atau penjaringan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) untuk Pemilukada 2018. Pembukaan dimulai 28 Agustus sampai 4 September 2017.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Temanggung, Muh Amin, mengatakan, penjaringan bersifat terbuka untuk umum, baik kader internal partai, nonpartai, dan tokoh masyarakat. Juga diperuntukkan bagi tokoh agama, birokrat, maupun dari kalangan profesional.

“Pendaftaran atau pengambilan formulir gratis tanpa dikenai mahar. Keseriusan para pendaftar untuk maju dalam Pilkada 2018, harus dibuktikan dengan pengambilan hingga pengembalian formulir yang kami sediakan,” kata Amin di aula Sekretariat DPC PKB Temanggung, Jumat (25/8) kemarin.

Setelah tahap pendaftaran selesai, PKB akan melanjutkan proses penjaringan dengan melakukan penelitian berkas. Tahap ini dimulai pada 5-7 September. Sedangkan perbaikan berkas calon, pada 8-13 September.

Berkas yang telah lengkap, nantinya dikirim ke DPW PKB Jawa Tengah dan diteruskan ke DPP PKB untuk dijadikan bahan terbitnya rekomendasi.

Amin menyampaikan, modal penting bagi para bakal calon untuk mendapat rekomendasi akan dilihat dari pemaparan visi-misi serta uji kepantasan dan kelayakan oleh Panitia Desk Pilkada DPP PKB.

Anggota Fraksi PKB DPRD Temanggung itu menambahkan, DPC sebenarnya telah memiliki nama-nama kader potensial dan terbaik partai yang layak diusung. Hanya saja, pihaknya tidak bisa mengusung sendiri pasangan cabup-cawabup, lantaran belum mampu memenuhi kuota minimum sesuai Undang-Undang Pemilu.

Sesuai aturan, partai yang berhak mencalonkan, minimal mengantongi 20 persen dari total kursi di DPRD; atau 25 persen dari total suara sah pada Pileg 2014. PKB Temanggung hanya punya 6 kursi. Padahal, syarat minimal 9 kursi.

“Kami masih terus melakukan pendekatan-pendekatan secara kelembagaan dengan partai lain untuk menjajaki kemungkinan koalisi.” Entah seperti apa rekomendasi DPP nantinya, Amin menyampaikan, saat ini terpenting mesin partai terus bergerak dalam rangka menjaring suara masyarakat. (san/isk)