Luncurkan KJS dan Kenalkan Sadewa Market

351
BUKA PESTA RAKYAT : Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo membuka Pesta Rakyat sebagai rangkaian HUT Jateng di Alun-alun Jepara (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG).
BUKA PESTA RAKYAT : Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo membuka Pesta Rakyat sebagai rangkaian HUT Jateng di Alun-alun Jepara (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG).

JEPARA – Pesta Rakyat dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 67 Provinsi Jateng resmi dibuka Gubernur Ganjar Pranowo di Alun-alun Jepara, Jumat (25/8). Seremoni pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug. Terhitung ada 67 bedug yang dibunyikan bersamaan. Ganjar beserta Sekda Jateng Sri Puryono dan Bupati Jepara Ahmad Marzuki menabuh bedug di atas panggung utama.

Ganjar mengaku sengaja memilih menggelar Pesta Rakyat tahun ini di Jepara. “Tiga tahun lalu di Semarang, kemudian Banyumas, tahun kemarin di Magelang. Sekarang di Jepara karena warga Jepara yang minta. Tahun depan, warga Pati yang minta jadi tuan rumah,” ucapnya.

Pesta Rakyat memang sengaja digelar keliling Jateng agar tidak jadi Semarang sentris. Dengan begitu, pertunjukan seni yang disuguhkan akan semakin beragam dan meriah. Selain itu juga mengangkat potensi, baik ekonomi hingga wisata daerah yang kedapatan menjadi tuan rumah.

Dalam pembukaan Pesta Rakyat itu, Ganjar juga meluncurkan Kartu Jateng Sejahtera (KJS). Ada 10.632 KJS yang didistribusikan. Kartu itu diberikan kepada warga yang belum mendapat jaminan dari pemerintah pusat. “Ada yang sakit keras, sudah tua, tinggal sendirian, atau warga yang butuh perhatian khusus, tapi belum mendapat cover dari jaminan mana pun,” jelasnya.

Ganjar juga mengenalkan Sadewa Market. Sebuah aplikasi e-commerce atau portal pedagangan elektronik bagi pelaku UKM di Jateng.

Pesta Rakyat di Jepara 25-28 Agustus digelar di empat lokasi. Diantaranya Alun-alun Jepara I, Alun-alun Jepara II, Gedung Wanita Jepara dan Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara.

Rangkaian kegiatan HUT Jateng itu diawali dengan Jateng Bersalawat, Kamis (24/8) malam.

Jumat (25/8) setelah pembukaan di Alun-alun I Jepara, juga digelar pameran produk karya Deskranasda, pameran produksi industri agro, pameran digital kreatif media, UMKM Food festival dan kuliner, serta pameran UMKM BNP2TKI.  Sabtu (26/8) pagi ini, akan digelar Gowes Jelajah Jepara bersama pimpinan dan anggota DPRD Jateng. (amh/ric)