PEDOMAN ASN : Sosialisasi Perwal nomor 24 tahun 2017 tentang Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN), di ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (24/8) kemarin (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PEDOMAN ASN : Sosialisasi Perwal nomor 24 tahun 2017 tentang Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN), di ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (24/8) kemarin (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

PEKALONGAN-Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kota Pekalongan yang turut turut menyebarkan berita hoax, akan ditindak tegas dijatuhi sanksi. Hal tersebut disampaikan saat Sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 24 tahun 2017 tentang Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN), di ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (24/8) kemarin.

Kepala Bagian Organisasi Pemkot Pekalongan, M Sahlan mengatakan bahwa Perwal tersebut dibuat untuk memberikan pedoman sikap perilaku perbuatan atau tulisan dan ucapan ASN dalam melaksanakan tugas fungsi serta kegiatan sehari- hari. “ASN adalah panutan masyarakat dan abdi negara, sehingga harus menjaga perilakunya,” terangnya.

Dijelaskan Sahlan, kode etika yang diatur dalam Perwal nomor 24 tahun 2017 tersebut, meliputi etika bernegara, etika berorganisasi, etika bermasyarakat, etika terhadap sesama pegawai, diri sendiri serta etika dalam menggunakan media sosial.

“Selain etika dalam kehidupan sehari-hari, juga ada etika bersosial media. Jangan sampai ASN ikut-ikutan menyebarkan berita hoax yang belum tentu kebenarannya. Harus bijak dalam menggunakannya,” tegasnya.

Terkait bagi pelanggar kode etik ASN, Sahlan menegaskan akan memberikan sanksi. Dari sanksi moral dengan diberi teguran dulu. Namun apabila masih melanggar, akan diingatkan secara tertulis, dan terakhir akan diberikan hukuman disiplin sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Politik, Sutarno berharap, setelah sosialisasi tersebut ASN dapat meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas kedinasan. “Saya harap setelah sosialisasi ini, seluruh ASN dapat meningkatkan kualitas kerja dan berperilaku profesional. Sehingga menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” tambahnya. (han/ida)