Tak Lengkap, Bus Kembali ke Pool

377
CEK KELAYAKAN: Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Suryo Wibowo saat memimpin sidak di terminal tipe A Kebumen, Kamis (24/8) (DOK POLRES KEBUMEN).
CEK KELAYAKAN: Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Suryo Wibowo saat memimpin sidak di terminal tipe A Kebumen, Kamis (24/8) (DOK POLRES KEBUMEN).

KEBUMEN – Mendekati libur panjang Idul Adha 2017, Polres Kebumen bersama dengan Dinas Perhubungan mengecek sarana transportasi angkutan bus umum di terminal tipe A Kebumen, Kamis (24/8). Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Suryo Wibowo menjelaskan, pengecekan ini untuk mengetahui kelayakan serta kondisi  bus yang melintas Kebumen.

Dalam pengeceken terpadu itu, sedikitnya ada 25 bus yang menjalani pemeriksaan. “Pengecekan meliputi spektek kendaraan, lampu, rem, dokumen pengemudi maupun dokumen kendaraan. Kami tadi mendapati bus lampunya buram, sehingga kami meminta untuk dibersihkan ataupun diganti agar menyala lebih terang supaya lebih aman saat di jalan,” terang Suryo yang baru saja menjabat di Polres Kebumen

Dijelaskan lebih lanjut, pengecekan ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan terhadap bus sebagai alat transportasi saat liburan Idul Adha. Dari hasil pengecekan, tim mendapati beberapa temuan.

“Saat pengeceken tadi, kami menemukan angkutan bus tidak melengkapi dokumen trayek. Selanjutnya kita arahkan untuk kembali ke pool-nya, untuk melengkapi berkas yang seharusnya dibawa,” imbuh alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2006 ini.

Diprediksi, saat liburan Idul Adha mendatang, arus penumpang akan meningkat. Apalagi Idul Adha akan jatuh pada hari Jumat (1/9) dan diteruskan dengan libur akhir pekan.

Koordinator terminal bus tipe A Kebumen Muhlisin mengatakan, biasanya saat liburan Idul Adha ada lonjakan angkutan bus meski tidak terlalu tinggi. Sekitar 30 persen dari hari biasa. (jpg/ton)