dr Ario Imandiri SpAK
dr Ario Imandiri SpAK

KERASA nggak sih bahwa akhir-akhir ini suhu udara makin panas? Wajar aja kalau kamu ngerasa gitu. Menurut NASA, suhu udara emang meningkat sejak 2014 dan berlanjut hingga pertengahan 2017 ini. Yang kamu perlu tahu, panas matahari nggak cuma bikin hitam, tapi juga berbahaya loh!

Yap, kamu perlu mengenal heatstroke, kondisi yang bisa muncul akibat suhu panas yang makin menyengat sekarang. ’’Heatstroke itu suatu keadaan ketika tubuh mendapat paparan panas yang berlebih, tapi tidak mampu beradaptasi dengan serangan panas,’’ jelas dr Ario Imandiri SpAk.

Normalnya, tubuh membuang panas dengan cara mengeluarkan keringat melalui kulit. Namun, saat terkena heatstroke, sistem tubuh gagal melakukannya. Karena itu, suhu tubuh kita bisa naik hingga lebih dari 40 derajat Celsius dan menimbulkan kerusakan sistem dalam tubuh kita.

Heatstroke ini juga berbeda dengan demam biasa. Demam biasa umumnya disebabkan oleh virus. Sedangkan heatstroke lebih disebabkan oleh panas yang terjebak dalam tubuh kita, karena terjadinya kegagalan sistem.

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, kita emang nggak bisa sembunyi dari panas. Tapi, jangan anggap panas matahari itu bukan ancaman, terlebih di tengah cuaca yang makin ekstrem ini. ’’Heatstroke ini dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf pusat, gangguan ginjal dan jantung, serta yang paling parah adalah kematian,’’ papar dosen Fakultas Vokasi Unair tersebut.

Karena itu, waspadalah kalau kamu berkegiatan yang terpapar sinar matahari terus-menerus. Apalagi kalau udah mulai mual, muntah, nyeri otot, maupun sakit kepala. Sebab, itulah gejala awal heatstroke, guys. ’’Kalau sudah begitu, segera turunkan suhu tubuh. Misalnya, berteduh atau mandi air dingin,’’ tutur dr Ario.

Terkena heatstroke juga pernah dialami salah seorang Zetizen, Amanda Wiraberliana. ’’Waktu itu aku pernah sampai pingsan pas upacara. Cuacanya emang panas banget! Ditambah lagi, aku belum sarapan sih, hehe. Makanya, aku sampai nggak kuat,’’ ucap siswi SMAN 4 Surabaya tersebut.

Seperti penyakit lain, heatstroke menyerang orang-orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Nah, buat melawan cuaca yang menyengat, biasakan sarapan setiap pagi biar daya tubuhmu makin kuat. Bahkan, seorang atlet yang punya fisik kuat bisa terkena heatstroke loh! ’’Bisa saja misalnya ketika dia latihan keras di bawah sinar matahari,’’ ujar dr Ario.

Selain panas matahari, ada hal lain yang bisa mengakibatkan heatstroke. Yang jelas, heatstroke timbul akibat lingkungan sekitar yang panas. ’’Panas dari api, penggunaan pakaian tertentu yang dapat menahan pengeluaran panas, dan konsumsi alkohol juga bisa memicu heatstroke,’’ ungkap dr Ario. (far/c14/fhr)