Pasar Rakyat Ajang Promosi UKM

328
MAINKAN ANGKLUNG: Bupati Magelang Zaenal Arifin (dua dari kiri) membuka Pesta Rakyat di lapangan Drh Soepardi, kemarin (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).
MAINKAN ANGKLUNG: Bupati Magelang Zaenal Arifin (dua dari kiri) membuka Pesta Rakyat di lapangan Drh Soepardi, kemarin (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).

MUNGKID—Pemkab Magelang menggelar kegiatan Pesta Rakyat di lapangan Drh Soepardi, selama tiga hari hingga hari ini (24/8). Berbagai kegiatan turut meramaikan. Termasuk, pameran UKM unggulan Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, Pesta Rakyat merupakan kolaborasi antara tiga dinas. Meliputi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pertanian dan Pangan.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi, ini merupakan kolaborasi dari tiga dinas di Pemkab Magelang. Semoga melalui sinergitas ini, mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, dan amanah,” kata Bupati Zaenal Arifin dalam sambutan saat membuka pameran.

Dikatakan, dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), butuh langkah-langkah yang kreatif, inovatif, didukung keterampilan memadai. Satu sisi, produk-produk luar negeri akan mudah masuk ke dalam negeri. Pun, sebaliknya. “Tidak kalah penting adalah menanamkan rasa cinta produk lokal dan kesadaran akan pentingnya legalitas dan sertifikasi produk.”

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM, Asfuri Muhsis mengatakan, selain dinasnya, juga ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang menggelar Gebyar Pendidikan 2017 serta Dinas Pertanian dan Pangan melalui Gelar Teknologi Hasil Pertanian.

Plt Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono menambahkan, pihaknya mengerahkan sekitar 80 sekolah. “Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing subrayon. Melalui kegiatan ini, kami berharap potensi sekolah di masing-masing subrayon akan terekspose.” (vie/isk)