DORONG PEMBANGUNAN PASAR: Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Mujib Rohmat bersama Kepala Disdag Kendal Syukron Syamsul Hadi saat menyapa pedagang Pasar Pagi Kaliwungu yang menjadi korban kebakaran, kemarin (22/8) (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
DORONG PEMBANGUNAN PASAR: Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Mujib Rohmat bersama Kepala Disdag Kendal Syukron Syamsul Hadi saat menyapa pedagang Pasar Pagi Kaliwungu yang menjadi korban kebakaran, kemarin (22/8) (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Dinas Perdagangan (Disdag) Kendal berencana membuatkan lapak darurat bagi para pedagang Pasar Pagi Kaliwungu. Hal itu sebagai solusi sementara agar pedagang bisa beraktivitas setelah bencana kebakaran, beberapa waktu lalu.

Kepala Disdag Syukron Syamsul Hadi mengatakan, pemerintah daerah telah mencarikan solusi bagi para pedagang. Langkah yang ditempuh saat ini adalah mencarikan dan membuatkan lapak darurat sementara.

“Lokasinya nanti jelas di luar pasar, agar kedepannya tidak menganggu pekerjaan pembangunan pasar. Sehingga kami tidak membangun dua kali,” ujar Syukron, kemarin (22/8).

Kedua, lokasi yang dicari nantinya bisa menampung seluruh pedagang yang berjumlah kurang lebih 450 orang. “Semua pedagang, tidak hanya lapak dan kiosnya terbakar saja.  Karena nantinya pasar akan dibangun total,” tandasnya.

Syukron menegaskan, saat ini pihaknya masih mencari tempat yang cocok untuk dijadikan tempat relokasi pedagang sementara. “Yang jelas tempatnya di luar pasar, tapi tidak jauh dari pasar,” paparnya.

Terkait pembangunan pasar baru, pihaknya masih melakukan perencanaan.

“Setelah perencanaan siap, sesuai perintah Bupati Kendal segera akan kami usulkan ke Kementrian Perdagangan (Kemendag) untuk mendapatkan persetujuan dan anggaran. Kami juga sudah dibantu dari Anggota DPR RI asal Kendal, Mujib Rohmat,” tambahnya.

Semenetara, Anggota DPR RI Dapil I Jateng, Mujib Rohmat mengusahakan agar pasar segera dibangun. Pihaknya mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Menteri Perdagangan dan Komisi VI DPR RI yang membindangi pasar.

“Kami juga sudah sampaikan ke Pemkab Kendal untuk segera mengirimkan surat permohonan usulan pembangunan Pasar ke Kementrian Perdagangan. Sehingga pasar bisa segera dibangun agar pedagang bisa mendapatkan kejelasan nasibnya,” tandas anggota Fraksi Golkar ini.

Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, Muhammad Mas’ud mengaku sangat berterima kasih dengan tindakan sigap dari pemerintah daerah Kendal maupun Anggota DPR RI Mujib Rohmat. Ia berharap pasar bisa segera dibangun sehingga pedagang bisa berdagang seperti semula. “Selain itu lapak darurat segera direalisasikan, agar pedagang bisa beraktivitas dan mendapatkan pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” katanya. (bud/zal)