Pemkot Siapkan 1 Unit Rumah di BSB

Pastinya yang membayar sebelum jatuh tempo akan mendapat reward. Dengan hadiah utama rumah di BSB

508
Yudi Mardiana (IST).
Yudi Mardiana (IST).

SEMARANG-Target pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang cukup fantastis membuat jajaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, bekerja lebih ekstra agar capaiannya optimal. Tahun ini, target PBB Rp 330 miliar. Sementara hingga tanggal 22 Agustus, perolehannya mencapai Rp 235 miliar atau 71 persen.

Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana berharap masyarakat memanfaatkan sisa tempo pembayaran yang tinggal 8 hari ini. Bagi wajib pajak (WP) yang membayar sebelum jatuh tempo 31 Agustus, lanjut Yudi, akan mendapat kesempatan mengikuti undian dengan hadiah utama satu unit rumah di kawasan BSB.

“Pastinya yang membayar sebelum jatuh tempo akan mendapat reward. Selain rumah kami juga sediakan kendaraan dan barang-barang elektronik,” kata Yudi.

Sementara bagi WP yang membayar melebihi tempo yang ditentukan akan dikenakan denda 2 persen per bulan. Pihaknya menargetkan pada 31 Agustus capaiannya sudah 80 persen. Sejumlah upaya akan ditempuh untuk mengoptimalkan perolehan PBB. Seperti menggelar operasi bakti melakukan jemput bola di kelurahan dan kecamatan setiap hari Sabtu-Minggu.

Selain itu, lanjut Yudi, melakukan operasi sisir, yakni mengunjungi WP secara door to door, untuk konfirmasi penagihan. Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan pihak RT dan RW setempat.

“Kami juga akan menggelar yustisi terhadap WP besar yang menunggak PBB. Kami beri surat peringatan hingga tiga kali sebelum mengambil tindakan tegas penyegelan,” tegasnya.

Tahun ini pihaknya telah menerbitkan 511.000 Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT). Dari jumlah tersebut 250.911 SPPT telah membayar terbayarkan.

“Sudah setengahnya lebih membayar sebelum jatuh tempo. Kami optimis target Rp 330 miliar ini bisa terpenuhi, dengan berbagai upaya yang kami lakukan, mulai jemput bola hingga yustisi,” tandas Yudi Mardiana. (zal/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here