TIGA JAM SELESAI : Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo menandatangani izin prinsip didampingi Direktur Operasional PTPN IX Satrijo Wibowo di stan Café Investasi, arena Jateng Fair 2017 (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).
TIGA JAM SELESAI : Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo menandatangani izin prinsip didampingi Direktur Operasional PTPN IX Satrijo Wibowo di stan Café Investasi, arena Jateng Fair 2017 (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).

SEMARANG – Percepatan pelayanan perizinan yang diterapkan Pemprov dinilai memudahkan investor. Cafe Investasi, stan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng di arena Jateng Fair 2017 menerima permohonan Izin Prinsip PTPN IX tentang Pendirian Pabrik Gula di Kabupaten Pemalang. Total area pabrik seluas 36,65 hektare dengan nilai investasi sebesar Rp 1,3 triliun.

“Berkas permohonan perizinan beserta kelengkapannya telah dicek sesuai prosedur dan ketentuan. Kami segera menerbitkan izin prinsipnya. Tidak sampai 3 jam pemohon sudah bisa membawa pulang izin tersebut,” kata Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo. Direktur Operasional PTPN IX Satrijo Wibowo menerima izin tersebut di Café Investasi, Senin (21/8).

Menurut Prasetyo, pelayanan perizinan 3 jam untuk investasi diatas Rp 100 miliar atau minimal 1.000 tenaga kerja, menjadi salah satu pelayanan unggulan dalam rangka akselerasi pelayanan perizinan investasi.

Berbagai peningkatan pelayanan unggulan lainnya antara lain pembukaan gerai perizinan di 6 Kabupaten/Kota (Kota Tegal, Magelang, Kabupaten Pati, Batang, Banyumas, dan TMII Jakarta), penyederhanaan perizinan dan peraturan yang tidak pro investasi.

Inovasi pelayanan lain adalah PACAR BINAL (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) dan RENEO LE (Rekomendasi Penelitian Online Lewat Elektronik), serta pengembangan e-service untuk layanan investasi dan perizinan.

“Faktor-faktor tersebut menjadi salah satu daya tarik makin banyaknya investasi yang mengalir ke Jateng. Dengan adanya gerai-gerai termasuk Cafe Investasi ini, kami ingin mendekatkan diri dengan masyarakat dan menghapus image bahwa mengurus izin itu sulit, berbelit, mahal dan lama.” terangnya.

Animo masyarakat mengunjungi stan DPMPTSP cukup tinggi. Sampai hari ke 10 penyelenggaraan Jateng Fair, sudah ratusan orang datang berkunjung. Stan menyediakan layanan perizinan 17 sektor, sejumlah 166 jenis perizinan dan layanan rekomendasi penelitian.

Sementara itu Direktur Operasional PTPN IX, Satrijo Wibowo mengatakan pelayanan perizinan yang cepat di Jateng menjadi kejutan pihaknya. Dikatakannya, ground breaking pembangunan pabrik gula di Pemalang akan dilakukan awal Oktober nanti. “Kami targetkan bisa produksi pada 2019. Luas lahannya 12,5 hektare dengan 300 tenaga kerja karena kami menggunakan alat semi otomatik,” paparnya. (ric)