Waspadai Penyakit Infeksi Pernafasan

272
Yulianto Prabowo (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Yulianto Prabowo (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan karena sekarang mulai memasuki pergantian musim. Saat ini sudah banyak kasus masyarakat di Jateng yang terkena penyakit di saluran pernafasan.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau harus diwaspadai. Karena rawan penyebaran berbagai penyakit terutama infeksi saluran pernafasan. “Masyarakat harus lebih waspada dengan adanya peralihan musim ini, jangan sampai mengabaikan kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan, tubuh membutuhkan waktu berdaptasi ketika memasuki peralihan musim. Jika tak cepat beradaptasi bisa terkena infeksi saluran pernafasan. Bahkan, dalam beberapa kasus banyak masyarakat yang terkena diare dan sejumlah penyakit lainnya. “Ya karena salah satu pemicunya karena masalah kekurangan ketersediaan air bersih,” tambahnya.

Pemprov Jateng terus melakukan berbagai upaya dan inovasi untuk mengkampanyekan sadar kesehatan. Ia juga memberikan tips agar masyarakat tetap sehat dan kondisi fit di tengah peralihan musim. Harus banyak minum air putih, makan buah segar dan olahraga yang cukup. “Harus pandai menjaga kesehatan, jika ada gejala infeksi pernafasan harus segera diperiksakan,” himbaunya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Sri Masyuni mengatakan, masyarakat harus menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjaga pola makan dan pola hidup terutama saat peralihan musim seperti sekarang. “Harus waspada dan jaga kesehatan agar tak terserang berbagai virus penyakit,” katanya. Ia meminta Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota lebih aktif dalam mengkampanyekan sadar kesehatan. (fth/ric)