GLADI BERSIH : Penari Sanggar Greget menggelar gladi bersih Tari Kuntul Blekok sebagai persiapan Parade Seni Jateng di Kabupaten Jepara, pekan depan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG).
GLADI BERSIH : Penari Sanggar Greget menggelar gladi bersih Tari Kuntul Blekok sebagai persiapan Parade Seni Jateng di Kabupaten Jepara, pekan depan (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Sanggar Greget bakal mewakili Kota Semarang dalam Parade Seni Jateng sebagai rangkaian acara HUT ke 67 Jateng di Kabupaten Jepara, Jumat (25/8) pekan depan. Sanggar Greget akan menyuguhkan Tari Kuntul Blekok, salah satu tari khas Semarang.

Pengasuh Sanggar Greget, Yoyok Bambang Priyambodo berharap, Tari Kuntul Blekok mampu meraih tiga besar penampilan unggulan dalam parade seni bergengsi tersebut. Pasalnya, Parade Seni Jateng 2016 di Magelang lalu, pihaknya dinobatkan sebagai juara 1 lewat Tarian Manggar Warak.

“Kalau mempertahankan juara 1 agaknya cukup berat. Masuk nominsai saja sudah Alhamdulillah. Kalau tahun 2015 di Purwokerto dulu, kami juara 3,” terangnya saat ditemui di sela-sela gladi bersih latihan tari Kuntul Blekok di Museum Ranggawarsita, Minggu (20/8) sore.

Penggagas Tari Kuntul Blekok, Sangghita Anjali menjelaskan, tari ini menggambarkan fauna khas Kota Semarang, yaitu burung kuntul. Burung yang sampai sekarang dilestarikan di wilayah Srondol. Lewat tari ini, Ghita mencoba menggambarkan kebiasaan burung kuntul. Dari cara terbang, bentuk paruhnya, dan lain sebagainya.

Terhitung ada 55 penari yang membawakan Tari Kuntul Blekok. Mereka mengenakan busana dengan ornamen sayap untuk penggambaran burung kuntul. Bahkan, penari cowok, mengenakan topeng berupa paruh burung blekok yang tampak mancung.  Sebagai pelengkap, ada semacam gerobak dorong besar yang dihias mirip burung kuntul. Warnanya putih, lengkap dengan sayap, paruh dan jamang kuntul.

Di Parade Seni Jateng 2017 mendatang, para penari akan melakukan atraksi sambil berjalan sejauh 2,5 kilometer. Setelah itu, performa di depan panggung utama. “Pas perform, diberi waktu 3 menit oleh panitia. Semoga semua berjalan sesuai rencana dan masuk nominasi pemenang,” harapnya. (amh/ric)