Dedi Rusdi SE MSi
Dedi Rusdi SE MSi

Di era persaingan global dewasa ini penguasaan terhadap bahasa asing khususnya Bahasa Inggris menjadi sebuah hal yang semakin penting. Generasi bangsa saat ini  dituntut untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam berbagai bidang. Sehingga modal kemampuan berbahasa internasional menjadi sebuah keunggulan tersendiri.

Seperti kita ketahui bersama seiring dengan mulai diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada akhir 2015 lalu maka persaingan antar negara khususnya antar negara ASEAN akan semakin meruncing, tidak hanya dibidang ekonomi akan tetapi era pasar bebas ini menuntut kita untuk mampu bersaing di berbagai bidang. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk survive dalam persaingan era modern ini.

Penggunaan bahasa internasional khususnya Bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan global. Seperti kita ketahui bersama bahwa Bahasa Inggris telah diakui dan disepakati internasional sebagai bahasa resmi yang digunakan secara universal baik dalam dunia teknologi, pendidikan, ekonomi politik, budaya dan berbagai bidang lainnya. Melihat kondisi tersebut, memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah untuk bersaing di kancah Internasional.

Di sisi lain seiring kemajuan teknologi dan komunikasi melahirkan peluang yang sangat besar bagi generasi kreatif yang pada umumnya di dominasi anak anak muda. Dalam rangka menghadapi tantangan dan peluang besar sebagaimana disebutkan di atas, maka Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi yang saat ini memiliki tiga prodi yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi B, Prodi Sastra Inggris terakreditasi B, dan Prodi Ilmu Komunikasi terakreditasi B mempersiapkan diri dengan antusiasme tinggi untuk menyambut tahun akademik 2017-2018.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berorientasi pada penyiapan calon – calon guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah. Dengan demikian, disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar mengenai hal-ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian ketrampilan berbahasa dan lain-lain.

Sementara itu prodi Sastra Inggris berorientasi pada penyiapan mahasiswa untuk menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik keterampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah keterampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan khususnya mata kuliah language skills lebih menekankan pada praktik.

Prodi Ilmu Komunikasi menawarkan dua konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu marketing communication dan broadcasting journalism. Konsentrasi marketing communication dikhususkan untuk mahasiswa yang tertarik di bidang komunikasi strategis, public relations, periklanan, marketing, management event. Marketing communication sangat cocok untuk mereka yang menyukai tantangan, kaya dengan ide-ide kreatif untuk meningkatkan reputasi organisasi.

Sedangkan pada konsentrasi broadcasting journalism diperuntukkan bagi mahasiswa yang menyukai bidang jurnalistik, baik untuk media cetak, elektronik maupun online.  Mari ambil kesempatan menarik di era digital ini dengan bergabung dengan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula. (*)