Full Day School Tidak Wajib

334

TEGAL-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal Johardi menegaskan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sekolah lima hari atau Full Day School (FDS) tidak wajib diterapkan di sekolah. Penegasan ini disampaikan Johardi usai menghadiri penyerahan Surat Keputusan Remisi Umum di Lapas Kelas II B Tegal, Kamis (17/8) kemarin.

Menurut Johardi, penerapan FDS harus mengacu pada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan pemerintah. Juklak dan juknis tersebut mengatur soal kurikulumnya. “Sampai saat ini belum ada juklak dan juknisnya. Sehingga, sementara ini Kota Tegal masih menggunakan sekolah enam hari,” kata Johardi sembari menuju mobil rombongan.

Pengamat Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Masfuad ES memandang, penerapan FDS ada plus dan minusnya, tergantung sarana dan prasarana serta sumber daya manusia di sekolah masing-masing. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi lingkungan masyarakat. “Kalau memang belum siap, ya jangan dipaksakan,” ujar Masfuad, Jumat (18/8).

Sementara dari sisi kesehatan, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Suharjo menerangkan, ada beberapa hal yang menjadi catatan untuk sekolah yang menerapkan FDS. Agar fisik siswa tetap terjaga, perlu ada waktu istirahat, terutama pada jam makan siang yang sekaligus bisa digunakan untuk ibadah. Durasinya, sekitar satu jam.

Sehingga, siswa bisa kembali bugar dan siap melanjutkan aktivitas pembelajaran. Menurut Suharjo, pelajaran di siang hari sebaiknya dilakukan berupa praktik. Sebab, pada jam-jam tersebut daya serap otak tidak seoptimal pada pagi hari. Sedangkan untuk menjaga kondisi psikologis anak, kegiatan sekolah harus tetap menyenangkan dan menarik.

“Selain itu, asupan gizi harus diperhatikan. Bisa juga acara makan siang dikelola sekolah dengan menu gizi seimbang. Sehingga, anak tidak perlu mencari makan di luar sekolah. Kemudian, dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah dan berperilaku hidup bersih dan sehat oleh seluruh warga sekolah,” ungkap Suharjo. (nam/ela/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here