Warga Bisa Berobat Gratis di Atas Kereta

189
CEK GIGI: : Seorang warga yang tinggal sekitar di Stasiun Mangkang memanfaatkan kehadiran Rail Clinic untuk memeriksakan kesehatan (ADENNYAR WYCAKSONO / JAWA POS RADAR SEMARANG).
CEK GIGI: : Seorang warga yang tinggal sekitar di Stasiun Mangkang memanfaatkan kehadiran Rail Clinic untuk memeriksakan kesehatan (ADENNYAR WYCAKSONO / JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Ratusan warga yang tinggal di sekitar Stasiun Mangkang, Semarang berbondong-bondong mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang, Rabu (9/8/2017) siang. Pengobatan gratis ini dilaksanakan di atas kereta khusus yang diberi nama Rail Clinic.

Rangkaian Rail Clinic terdiri dari dua kereta, masing-masing memiliki tata ruang dan jenis fasilitas kesehatan yang berbeda. Yakni layanan kesehatan primer berupa pelayanan gawat darurat, ruang monitoring, pelayanan umum, farmasi, laboratorium, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan gigi, hingga pemeriksaan mata.

Deputi Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Tamsil Nurhamedi mengatakan, Rail Clinic akan berkeliling ke seluruh stasiun di Indonesia untuk memberikan pelayanan kesehatan tanpa dipungut biaya. “Masyarakat bisa memanfaatkan pemeriksaan tubuh sesuai kebutuhan dan akan dilayani dokter, obatnya pun kita berikan gratis,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, nantinya akan ada sinergitas antara Dinkes dan PT KAI untuk saling berkoordinasi jika terjadi bencana. “Jadi kita akan berkoordinasi, sewaktu-waktu jika dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti bencana, Pemerintah Kota Semarang bisa meminta bantuan kesehatan Rail Clinic dari PT KAI ini agar lebih cepat untuk penanganannya.” (den/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here