Rem Blong, Pelajar Tewas, 3 Luka

356

WONOSOBO—Kecelakaan tunggal yang melibatkan minibus Tunas Muda menyebabkan seorang penumpang tewas. Peristiwanya, terjadi di Jalan Wonosobo-Dieng, tepatnya di Dusun Sidorejo, Desa Tiyeng, Kecamatan Kejajar, Senin (7/8), pukul 06.30. Selain menewaskan seorang penumpang, tiga penumpang lainnya juga mengalami luka-luka serius.

Saksi mata, Irfanudin, 24, menceritakan, minibus yang nahas sarat penumpang. Mayoritas anak-anak sekolah. Bus diduga mengalami rem blong ketika laju menurun. Laju bus semakin tidak terkendali dan baru berhenti setelah menyerempet senderan dan masuk selokan.

“Yang meninggal siswa yang nggandul. Mau masuk nggak bisa karena penuh. Padahal sopir yang tahu kalau busnya blong, sudah nyuruh masuk,” jelasnya.

Minibus baru bisa dievakuasi satu jam kemudian. Sekitar pukul 07.30, di lokasi kejadian sudah tidak menyisakan tanda-tanda bekas kecelakaan. Hanya serpihan kaca dan bekas benturan yang masih tersisa. “Yang meninggal dilarikan ke Puskesmas.”

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Wonosobo Sabarno menjelaskan, , korban meninggal bernama Faturahman, siswa SMK NU Kejajar, asal Patakbanteng. Selain satu korban meninggal dan dua luka-luka, sepuluh siswa lainnya mengalami shock berat akibat kecelakaan. “Beruntung sopir masih sadar dan tetap bisa menepikan kendaraan. Soalnya, jalan di situ memang menurun tajam.”

Warga lain, Muadin, 34, menyampaikan, begitu tahu rem blong, sopir sedianya berbelok ke tanah lapang. Namun karena jalanan ramai, sopir mengurungkan niatnya. Sopir khawatir, saat belok kiri, akan menabrak kendaraan lain dan memakan banyak korban. “Sopir akhirnya menyerempetkan busnya ke senderan dengan maksud agar bus berhenti. Dan, ternyata berhasil.” (cr2/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here