BANTU WARGA KURANG MAMPU- Letkol CKM Drs Akhmad Priyono (kedua dari kiri), Camat Patebon Ahmad Agung Cahyono (kanan) mengunjungi warga Pidodo Kulon yang dilayani tim medis Dandenkesyah.
BANTU WARGA KURANG MAMPU- Letkol CKM Drs Akhmad Priyono (kedua dari kiri), Camat Patebon Ahmad Agung Cahyono (kanan) mengunjungi warga Pidodo Kulon yang dilayani tim medis Dandenkesyah.

KENDAL-Keterbatasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan mendorong Djarum Foundation bekerjasama dengan Kesdam IV/Diponegoro menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Gratis di beberapa tempat di wilayah Jawa Tengah. Aksi kemanusiaan bagi warga kurang mampu ini, diawali Sabtu (22/7) kemarin di Desa Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal.

Baksos di desa pesisir pantai utara Kendal itu dikunjungi tak kurang dari 500 warga. Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) 040403/Salatiga Letkol CKM Drs Akhmad Priyono, yang mewakili Kakesdam IV/Diponegoro Kolonel CKM dr Nana Sarnadi, menyampaikan, kegiatan ini upaya membantu masyarakat mendapat pelayanan kesehatan.

”Selain tim kesehatan dari Kesdam, kami juga dibantu tim Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kendal untuk edukasi dan pemeriksaan gigi anak-anak sekolah,” tutur Akhmad Priyono, usai membuka kegiatan yang bertempat di Balai Desa Pidodo Kulon.

Camat Patebon, Ahmad Agung Cahyono, mengungkapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan bertajuk Baksos Pelayanan Kesehatan Ke-1 Peduli Mayarakat Pidodo Kulon Patebon-Kendal ini. Sebab, pelayanan kesehatan gratis jarang dilaksanakan di wilayahnya.”Sudah lama sekali wilayah kami tersentuh pengobatan gratis. Memang sudah ada puskesmas, tetapi kegiatan semacam ini bisa lebih dekat dengan masyarakat. Mereka dapat berobat ataupun konsultasi,” paparnya.

Perwakilan dari Djarum Foundation, Arvi Oktaviandra menguraikan, Baksos Pelayanan Kesehatan merupakan salah satu bentuk program Sumbangsih Sosial Dajrum Foundation. “ Kegiatan ini ditujukan bagi warga kurang mampu di pelosok ataupun daerah pesisir. Mereka biasanya jauh untuk menjangkau tempat pelayanan kesehatan. Harapan kami membantu meringankan beban mereka,” jelasnya. (fiq/bis/ap)